Mengenal Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Gak Pake Ribet, Begini Cara Bikin NPWP Elektronik

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merupakan salah satu nomor yang wajib dimiliki oleh setiap orang, atau badan usaha yang berpenghasilan. Yang mana, ketentuan wajib pajak ini telah diatur dalam Undang-Undang nomor 16, tahun 2009.

Bagi anda yang sudah bekerja atau memiliki usaha, tentunya wajib memiliki NPWP. Selain cara membuatnya yang mudah dan gratis, banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan memiliki NPWP. Terutama untuk kepentingan administrasi dalam pelayanan umum, melamar kerja, membuka usaha, hingga sebagai sarana mengurus perpajakan.

Apakah NPWP Wajib Bagi Pekerja Berpenghasilan Kecil?

Terkait wajib bayar pajak, tidak semua orang diwajikan untuk membayar pajak. Soalnya, ada ketentuan yang berlaku mengenai penghasilan yang kurang dari nominal PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak).

Dengan demikian, orang tersebut tidak diwajibkan membayar pajak, walaupun orang tersebut memiliki NPWP. Sebaliknya, jika ada seseorang yang penghasilannya melebihi perhitungan PTKP, maka ia wajib dipungut bayar pajak dan segera membuat NPWP.

PTKP ini dihitung berdasarkan status serta disesuaikan dengan kode-kode PTKP. Berikut pembagian kode PTKP :

  • TK (Status Lajang)
  • K (Menikah)
  • PTKP digabung (K/I)

Setiap keluarga wajib memiliki satu NPWP, namun jika terlanjur memiliki 2 NPWP, maka NPWP kepala keluarga saja yang digunakan, sehingga NPWP miliki istri dianggap tidak memiliki tanggungan.

Sanksi Bagi Yang Tidak Punya NPWP

Bagaimana kalau ada seseorang berpenghasilan cukup tetapi tidak memiliki NPWP? Berdasarkan Undang-Undang nomor 28, tahun 2007, apabila ada yang melanggar kepemilikan NPWP, maka akan dikenakan sanksi, yakni penjara 6 bulan hingga 6 tahun atau denda minimal dua kali lipat dari utang pajak.

Cara Membuat NPWP

Cara membuat NPWP ini sangat mudah. Anda hanya tinggal datang langsung ke Direktorat Jendral Pajak sesuai domisili. Syaratnya juga sangat mudah, anda cukup melampirkan KTP dan mengisi formulir saja.

Selain datang langsung ke Direktoral Jendral Pajak, anda juga bisa membuat NPWP secara online dengan cara berkunjung ke situs resminya di link ereg.pajak.go.id.

Cara Cek Nomor NPWP Online

Kini, segala kelengkapan informasi terkait data dan jumlah yang harus dibayarkan oleh wajib pajak bisa dilakukan secara online. Bahkan, anda juga bisa mengecek nomor NPWP dengan lebih mudah dan cepat.

Cara cek NPWP pribadi  ini juga bisa dilakukan secara online, saat anda lupa nomor NPWP atau lupa membawa kartu. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah NPWP yang anda miliki sudah aktif atau belum.

Soalnya, NPWP merupakan nomor yang sifatnya rahasia, sehingga hanya bisa diakses oleh orang yang bersangkutan.

Cek Nomor NPWP lewat Aplikasi DJP

Bukan hanya melalui website saja, DJP juga memiliki sebuah aplikasi yang bisa anda download di smartphone Android maupun iOS.

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa mengecek nomor NPWP dengan mudah. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama anda masuk ke dalam aplikasi DJP dengan menggunakan akun yang sama saat anda mendaftar di website.
  • Kemudian anda buka dashboard yang ada di halaman web.
  • Setelah itu cek apakah nomor NPWP dan identitas lainnya tertera disana. Jika tidak ada, itu artinya nomor NPWP anda belum aktif. Untuk meminta konfirmasi anda diharuskan datang ke kantor pajak.

Demikianlah artikel kali ini tentang seputar NPWP, semoga ada guna dan manfaatnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *