5 MANFAAT PISANG KEPOK

Pisang adalah buah-buahan yang diminati oleh banyak orang karena rasanya yang manis. Selain itu, pisang juga dapat diolah menjadi beberapa aneka olahan seperti pisang coklat, pisang susu, martabak dengan pisang, pisang goreng tepung, keripik pisang, dan beberapa aneka olahan lainnya yang tentunya lezat dan nikmat.

Pisang juga cocok dimakan langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Biasanya, orang tua mengkonsumsi pisang sambil duduk di depan rumah, meminum segelas kopi, dan membaca berita dari Koran ataupun majalah. Ada juga yang membaca berita melalui smartphone karena sekarang sudah era modern. 

Salah satu jenis pisang adalah pisang kepok. Pisang jenis ini memiliki kulit yang cukup tebal dan dagingnya pun lebih padat. Namun, pisang kepok tidak semanis pisang pada umumnya. Karena itulah pisang ini lebih sering dijadikan bahan olahan dibandingkan dengan dimakan langsung seperti pisang rebus, kolak pisang, pisang goreng, maupun keripik pisang.

Selain dagingnya yang tebal, pisang ini juga memiliki banyak kelebihan pada bagian gizi dan nutrisinya. Pisang ini mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, magnesium, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, Zinc, Folat, Fosfor, dan berbagai anti-oksidan. Penasaran dengan manfaat kesehatan yang terdapat pada pisang kepok ini? Simak pembahasan berikut ya!

  1. Menjaga kesehatan jantung

Pisang kepok dipercaya dapat mengurangi penyerapan kolesterol yang diterima oleh tubuh sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol yang terdapat pada tubuh. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang ini juga ampuh untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil.

  1. Melancarkan saluran pencernaan

Pisang kepok adalah buah-buahan yang seperti pada umumnya yaitu memiliki serat yang tinggi. Pisang ini baik untuk dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan dan memiliki prebiotic yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri baik yang terdapat pada organ usus.

  1. Mengontrol gula darah

Tak hanya mengurangi penyerapan kolesterol dan melancarkan pencernaan, pisang ini juga mengandung mineral dan anti-oksidan yang berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungan tersebut juga dapat membuat hormon insulin bekerja lebih efektif dan berujung pada penurunan risiko diabetes.

  1. Mencegah anemia

Anemia adalah keadaan tubuh ketika kekurangn sel darah merah sehingga oksigen yang ditangkap oleh hemoglobin tidak dapat diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Jika tidak diobati, anemia bisa berakibat pada mudah lelah, lemas, dan sulit untuk berkonsentrasi. Pisang kepok ini adalah salah satu pencegah dari penyakit tersebut.

  1. Menurunkan berat badan

Karbohidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat biasa. Karbohidrat biasa dapat menaikan berat badan, namun berkebalikan dengan karbohidrat kompleks yang dapat menurunkan berat badan. Mengapa? Karena karbohidrat kompleks dapat membuat kita kenyang lebih lama sehingga kita tidak makan secara terus-menerus.

Nah, jika kamu masih bingung untuk mencari dan membeli buah pisang kepok ini, kamu dapat membelinya di TaniHub. TaniHub adalah platform tempat belanja buah dan sayur terbaik. Buah dan sayur yang dijual di TaniHub selalu memiliki kualitas produk segar dan terbaik yang diambil langsung dari petani Indonesia. Pengantarannya juga cepat, hari ini pesan, besok sudah sampai depan pintu rumah. TaniHub juga memiliki beberapa metode pembayaran yang memudahkan kita semua. Jika produk tidak sesuai, maka produk tersebut akan diganti demi kepuasan pelanggan. Dan ada banyak promo-promo yang hadir setiap minggunya. Jadi tunggu apalagi, ayo beli buah dan sayur di TaniHub!  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.