5 Tempat Wisata di Jawa Tengah

10 Kosakata yang Identik dengan Kota Semarang, Podo Weruh Yo Ndes!

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan budayanya yang unik dan menarik. Selain itu, di Jawa Tengah juga banyak sejumlah tempat wisata menarik yang patut dikunjungi. Sebagai rekomendasi, berikut ini 5 tempat wisata di Jawa Tengah :

  • Ngarsopura Nigh Market di Solo

Ngarsopura Nigh Market ini merupakan pasar malam di Solo yang buka pada hari Sabtu – Minggu mulai pukul 19.00 – 21.00 WIB. Pasar malam ini merupakan tempat dagang yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki KTP Solo. Di pasar malam ini, anda bisa membeli berbagai aneka kerajinan, batik, souvenir, hingga makanan kuliner khas Solo.

Selain berbelanja, di pasar malam ini juga anda akan disuguhkan dengan live performance, seperti tarian atau musik etnik dari para penggiat seni di Solo, hingga musik jazz. Tentunya hal ini akan membuat suasana di pasar malam ini semakin semarak.

Ngarsopura Nigh Market ini beralamat di Jalan Diponegoro, Solo, Jawa Tengah.

  • Jalan Pahlawan Semarang

Sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah, Semarang juga memiliki banyak sekali objek wisata menarik yang patut anda kunjungi, salah satunya adalah Jalan Pahlawan Semarang. Dengan tempatnya yang lapang, dihiasi lampu-lampu terang serta tersedia aneka jajan yang enak-enak dan murah membuat tempat ini menjadi tempat wisata populer masyarakat kota pada malam hari.

Salah satu kelebihan dari tempat wisata yang satu ini adalah trotoar jalan yang luas serta tertata rapi. Saat menjelang sore, tempat ini akan semakin ramai dikunjungi warga yang ingin menghabiskan waktunya dengan bermain-main dan bersantai. Apalagi di saat akhir pekan, tempat ini akan semakin ramai hingga malam hari.

  • Kota Lama Semarang (Little Netherland)

Masih di Semarang, di tempat ini anda bisa menemukan jejak tata bangunan wilayah berarsitektur Eropa. Sehingga tidak aneh kalau tempat yang satu ini dijuluki sebagai “Little Netherland”.

Salah satu landmark yang paling menarik di tempat ini adalah Gereja Blenduk, sebuah bangunan berusia lebih dari 2.5 abad.

Kota Lama Semarang ini berlokasi di Jalan Kartini, Semarang, Jawa Tengah.

  • Taman Nasional Karimun jawa di Jepara

Taman Nasional Karimun jawa merupakan salah satu destinasi wisata Jawa Tengah yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Tempat wsiata yang jaraknya sekitar 83 km di arah barat laut Jepara ini merupakan cagar alam laut yang dilindungi. Dengan mengunjungi tempat ini, anda akan merasakan pengalaman laut di Jepara yang sangat menakjubkan.

Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik di tempat ini, seperti menyelam, snorkeling, berenang, memancing, atau sekedar menjelajahi laut dengan airnya yang sangat jernih. Selain itu, anda juga bisa berinteraksi, mengenal budaya dan tradisi penduduk lokal di sana.

  • Ketep Pass di Magelang

Di tempat ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menawan berupa luncuran awam panas Gunung Merapi. Selain itu, tempat wisata yang satu ini juga memiliki sejumlah fasilitas penunjang yang cukup menarik, seperti Bioskop Mini, Teropong, Gardu Pandang, Museum Vulkanologi, dan Pelataran Panca Arga.

Spot yang paling populer di tempat wisata Magelang ini adalah Gardu Pandang. Ada 2 buah teropong di tempat ini, yakni di Pelataran Panca Arga dan Gardu Pandang. Yang menariknya, dari Pelataran Panca Arga, anda bisa menyaksikan 5 gunung sekaligus, yaitu Merapi, Sindoro, Merbabu, Sumbing, dan Slamet.

Ketep Pass ini berlokasi di Jalan Blabak Boyolali Km. 16, Kec. Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *