Pahami Tentang CV Bahasa Inggris, Kesalahan Umum dan Saran Memperbaikinya

6 Tips Menarik untuk Menulis Cerita Pendek dalam Bahasa Inggris

CV bahasa Inggris kerap dibutuhkan di beberapa perusahaan, apalagi di luar negeri yang memang wajib membuat CV bahasa Inggris. Namun, ada saja kesalahan umum yang selalu pelamar lakukan dalam isi CV-nya tersebut. Apa sajakah itu? Simak artikel di bawah ini.

  1. Ketepatan Penggunaan Tata Bahasa

 Penggunaan ejaan dan tanda baca tentu akan menjadi point utama dalam pembuatan CV bahasa Inggris. Anda tidak boleh asal membuat lamaran kerja ini hanya dengan berbekal Google translate. Google translate, di beberapa kesempatan, memang membantu.

Tetapi, Google translate hanya menerjemahkan berdasar kata, yang artinya grammar, dan sebagainya tidak akan terdeteksi. Penempatan kata serta penggunaan bahasa tentulah penting, oleh sebab itu Anda tidak boleh menyepelekan hal ini dengan mudah.

Di beberapa kasus, sangat banyak CV bahasa Inggris yang tata bahasanya berantakan karena kurangnya pemahaman terhadap bahasa yang digunakan. Semoga hal tersebut tidak jadi hambatan Anda, ya.

Sebisa mungkin kuasai bahasa Inggris, seperti cara membuat kalimat dan penempatannya. Tidak hanya ejaan, dalam membuat CV dalam bahasa Inggris pun Anda harus memperhatikan tanda baca agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Untuk mempermudah membuat CV berbahasa Inggris, mintalah bantuan teman, membuka kamus juga bagus tapi jangan terlalu bergantung pada kamus juga. Hal tersebut termasuk cara menghemat pengeluaran dalam membuat CV Anda.

  1. Buat Struktur yang Mudah Dibaca

Jika struktur dalam CV yang Anda buat terlalu berantakan, recruiter akan sangat kesulitan dalam membaca CV milik Anda. Akibatnya, hal tersebut akan menurunkan peluang Anda untuk bekerja di perusahaan yang diinginkan. Maka, penting untuk membuat struktur CV lamaran kerja yang mudah dipahami.

Pertama, pastikan bahwa format dan ukuran font yang digunakan dapat terbaca walau hanya dipandang sekilas.  Recruiter tidak hanya melihat 1 CV saja dalam sehari, oleh karena itu sangat penting untuk membuatnya jelas dan menarik.

Terakhir, jangan berikan penjelasan yang bertele-tele dalam CV Anda, hal tersebut hanya akan memperburuk pandangan mengenai diri Anda sendiri. Orang bertele-tele yang hanya banyak membual, cenderung susah mendapat kesempatan bekerja.

  1. Buat Layout Menarik yang Gampang Dipahami

Layout yang menarik jelas akan menarik minat. Tidak cuma layout, template yang digunakan juga penting. Anda bisa menambahkan template yang cerah supaya CV terlihat lebih berwarna apabila perusahaan memperbolehkan.

Karena ada beberapa perusahaan yang hanya memperbolehkan CV lamaran kerja formal sedangkan ada juga yang tidak. Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi edit seperti Canva, Photoshop, dan lain sebagainya.

  1. Masukkan Data Diri dan Skill yang Dibutuhkan

Tidak semua skill yang Anda punya, berkaitan dengan perusahaan dan membuat bagian recruiter memberi nilai lebih. Karena itu pastikan Anda memasukkan skill dan prestasi yang penting dan berkaitan dengan pekerjaan yang akan dikerjakan nantinya.

Data diri juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dicantumkan dalam CV. Tetapi, ada beberapa data diri yang sebetulnya tidak perlu Anda masukan dalam CV, contohnya seperti:

  • Informasi mengenai fisik (tinggi atau berat badan)
  • Latar belakang pendidikan dari awal sampai akhir
  • Pengalaman kerja atau organisasi yang tidak relevan
  1. Cantumkan Pengalaman Kerja dan Organisasi yang Sesuai

Walaupun Anda memiliki pengalaman kerja yang cukup banyak dan organisasi yang sudah pernah diikuti sebelumnya, bukan berarti Anda harus memasukan seluruhnya ke dalam CV lamaran kerja. Ingat, membuat CV harus singkat, padat, dan jelas, supaya meningkatkan peluang terpilih menjadi salah satu kandidat terbaik.

Dalam mencantumkan pengalaman kerja serta organisasi, pastikan hal tersebut berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar, supaya CV tidak terkesan bertele-tele.

CV bahasa Inggris umumnya sama saja dengan CV bahasa Indonesia. Namun penting untuk diingat, bahwa kesalahan-kesalahan di atas sangat mempengaruhi performa CV yang diberikan. Semoga artikel ini membantu bagi Anda yang hendak mengirim surat lamaran kerja. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *