Ini Dia Urutan Film Star Wars Biar Kamu Gak Bingung

Meski telah lama selesai ditayangkan, Film Star Wars tetap mencuri perhatian. Bahkan penggemarnya pun bisa memutar kembali film-film Star Wars berulang-ulang, padahal ceritanya ya itu-itu saja; tidak ada beda.

Hal ini yang dinamakan damage dari sebuah film dimana para penggemar tidak merasa bosan meski telah menontonnya berulang kali.

Namun, hal ini akan berbeda jika yang menonton adalah orang baru yang belum pernah sama sekali mengikuti alur cerita dari Star Wars. Bila tidak dipandu, bisa saja ia akan merasa pusing akan alur cerita dan sekuelnya.  Oleh sebab itu, artikel ini akan memberikan info terkait dengan urutan film Star Wars.

Berikut urutan film Star Wars yang bisa kamu ikuti agar tak salah ketika menonton film.

  • Episode I berjudul The Phantom Menace, rilis tahun 1999

Episode ini menceritakan asal muasal kisah Star Wars dengan alur cerita yang menggunakan alur mundur, yakni berlatar tiga puluh dua tahun sebelum trilogi aslinya.

Kisah ini sendiri bercerita mengenai penemuan Anakin oleh Jedi Master Qui-Gon Jinn dimana ia memiliki ‘Force‘ atau medan energi yang menghubungkan semua kehidupan di alam semesta yang luar biasa.

  • Episode II berjudul Attack of the Clones, rilis tahun 2002

Alur cerita merupakan lanjutan dari episode sebelumnya dimana pada episode ini mengisahkan si Anakin yang ditemukan oleh Jedi Obi-Wan Kenobi menjadi muridnya. Alur cerita yang digunakan ialah alur maju sekitar 10 tahun setelahnya menjadi 22 BBY.

  • Episode III berjudul  Revenge of the Sith, rilis tahun 2005

Alur ceritanya juga menggunakan alur maju yakni berlatar akhir 19 BBY dimana dikisahkan bahwa si Anakin menjadi jahat dan ingin menyingkirkan gurunya, Ordo Jedi.

  • Rogue One: A Star Wars Story

Rogue One: A Star Wars Storymerupakan film terpisah pertama dalam rangkaian film Star Wars yang disutradarai Gareth Edwards dan dikarang oleh Chris Weitz dan Tony Gilroy.

  • The Clone Wars

The Clone Wars berlatar di galaksi fiksi Star Wars selama tiga tahun. Alur cerita film ini merupakan cerita antara film prekuel trilogy asli, yakni  Attack of the Clones dan Revenge of the Sith .

  • Episode IV berjudul A New Hope, rilis tahun  1977

A New Hope merupakan film dengan bruto terbesar kedua di AS dan Kanada dan memiliki bruto terbesar ketiga sedunia sampai 2013 dan memenangkan enam dari sepuluh nominasi Academy Award.

  • Episode V berjudul The Empire Strikes Back, rilis tahun 1980

The Empire Strikes Back merupakan episode terakhir dari trilogi asli dan alur ceritanya adalah plot twist terbesar dalam sejarah perfilman.

  • Episode VI berjudul Return of the Jedi, rilis tahun 1983

Setelah enam tahun sejak Star Wars pertama kali muncul, Return of the Jedi rilis di bioskop pada tanggal 25 Mei 1983 dan ia juga menjadi film terlaris di tahun tersebut dengan keuntungan sebesar $ 374 juta selama pemutaran teater awal.

  • Episode VII berjudul The Force Awakens, rilis tahun 2015

The Force Awakens mendapatkan pujian dari para kritikus film dimana mereka menyatakan bahwa degan laga, karakter dan alur ceritanya dikemas sangat apik.

  • Episode VIII berjudul The Last Jedi, rilis tahun 2017

The Last Jedi  merupakan serial ke dua dari Star Wars sequel trilogy dan dirilis di Indonesia pada tanggal 13 Desember 2017.

  • Episode IX berjudul The Rise of Skywalke, rilis tahun  2019

Sebagai episode penutup dari Star Wars, ternyata cerita menimbulkan polemik dari kalangan kritikus. Mereka menjadi dua kelompok, ada yang memuji perayaan seluruh saga dan ada pula yang menganggapnya sebagai cerita yang tidak imajinatif dan turunan.

Demikian urutan film Star Wars, selamat menonton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.