Menyapa Pesona Indah Gunung Kelud Kediri

Gunung Kelud memiliki beragam keindahan yang dapat dinikmati. Destinasi wisata gunung berapi ini terletak cukup jauh dari pusat Kota Kediri, sekitar 30 km menuju arah timur. Tidak kalah dengan gunung berapi di Jawa Timur seperti Gunung Semeru dan Gunung Bromo, Gunung Kelud juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Rute Menuju Lokasi Gunung Kelud

Gunung kelud terletak di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Menjuju lokasi Gunung Kelud dapat menempuh rute: Kediri → Pesantren → Wates → Ngancar → Desa Sugihwaras → Gunung Kelud.

Nah kalau kamu datang dari luar jawa timur, tentu saja kamu harus ke jawa timur dulu. Gunakan promo tiket kereta di https://www.tiket.com/ biar transportasinya jadi makin hemat. Ada banyak tersedia biasanya.

Tips Mendaki Gunung

Mysterious Road Menuju Gunung Kelud

Saat menuju lokasi Gunung Kelud akan melewati jalan yang dinamakan Mysterious Road. Di jalan ini ada fenomena unik yang aneh, yaitu kendaraan dapat berjalan mendaki meski mesin dalam kondisi netral. Untuk membuktikannya coba ambil botol air dan taruh dijalan dalam posisi tidur. Lalu amati botol tersebut perlahan-lahan akan menggelundung naik. Itulah mengapa dinamakan Mysterious Road.

Tiket Masuk Gunung Kelud

Memasuki kawasan Gunung Kelud dikenai biaya masuk Rp. 5000,00 pada hari biasa dan Rp. 10.000,00 pada hari libur. Untuk kendaraan motor ditarik Rp. 1000,00 dan Rp. 2000,00 untuk mobil.

Tempat Wisata Gunung Kelud

Gunung Kelud menawarkan beberapa tempat wisata menarik, berikut diantaranya:

  1. Puncak Gunung Kelud

Pasca terjadinya letusan 2014 lalu, lantas tidak membuat Gunung Kelud kehilangan popularitasnya. Gunung Kelud tetap menjadi tempat wisata favorit di Kediri maupun Jawa Timur. Puncak Gunung Kelud dan kawahnya masih menjadi primadona yang menarik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Wisatawan dapat menggunakan jeep atau shuttle bus kemudian mendaki sekitar 1 jam untuk sampai puncak. Dari puncak dapat menikmati indahnya panorama sekitar gunung kelud. Pemandangan akan lebih indah saat matahari terbit.

  • Air Panas Gunung Kelud

Seperti gunung aktif lainnya, Gunung Kelud juga memiliki sumber mata air panas. Sumber yang terbentuk secara alami ini sangat terkenal di Kediri. Wisatawan dapat bersantai sejenak merilekskan pikiran dengan berendam di sumber air panas ini. Memang sumber ini sangat panas, akan tetapi menyatu degan aliran sungai yang dingin. Sehingga menciptakan air hangat yang sangat nyaman untuk berendam.

  • Flyng Fox

Wisata yang satu ini didirikan oleh pemerintah setempat pasca letusan Gunung Berapi. Tujuan di tambahnya fasilitas Flying Fox ini untuk menarik wisatawan kembali karena Gunung Kelud sempat mengalami penurunan. Wahana luncur ini melintas sepanjang 100 meter.

  • Argowisata Margomulyo

Selain Flying Fox pihak pengelola Gunung Kelud juga mengembangkan tempat wisata dengan konsep agrowisata. Berlokasi di lereng Gunung Kelud, Agrowisata Margomulyo atau dikenal dengan Taman Agro ini merupakan taman bunga yang ditata dengan rapi. Bunga yang ditanam di taman ini pun beragam jenis, seperti krisan, mawar, matahari, kana, hujan mas, refugia, dan masih banyak jenis bunga lainnya.

Taman ini menjadi tempat favorit anak muda karena terlihat cantik dan bagus untuk spot foto. Di Taman Agro wisatawan juga dapat mengetahui sejarah mengenai Gunung Kelud.

  • Kampung Durian

Di tempat wisata ini, wisatawan dapat mencicipi buah durian sepuasnya. Di Kampung Durian dapat belajar cara budidaya durian dan membuat aneka olahan dari buah durian. Olahan tersebut dapat berupa ketan durian, kolak durian, sampai panecake durian.

Meskipun lokasinya hanya sekitar 1 Ha, akan tetapi banyak fasilitas yang lengkap didalamnya mulai dari cafe, spot foto, playground untuk anak-anak, gazebo, dan 300 pohon durian yang menjadi ikon tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.