Pantai Pulau Lampu Menyala Bagaikan Lampu

Letak Pulau Lombok yang strategis memang sangat mendukung dunia pariwisata untuk go internasional. Di antara segitiga wisata Bali-Komodo-Bugis, Lombok merupakan jalur wisata internasional. Di samping itu potensi pariwisata di Lombok memang mengagumkan, dari pantai, pegunungan, budaya, dan juga adat kebiasaanya.

Salah satu pantai di Pulau Lombok yang mempunyai panorama yang indah adalah Pantai Pulau Lampu. Pantai ini terletak di Kabupaten Lombok Timur sebelah utara. Kurang lebih 15 km dari pelabuhan Khayangan, sebuah pelabuhan penyeberangan ke Pulau Sumbawa. Pantai yang rnenghadap ke Selat Alas ini berada tak jauh dari jalan raya yang menuju ke Sambalia.

Untuk menuju ke pantai ini tidaklah terlalu sulit, dari Mataram kita bisa menumpang bus jurusan Khayangan. Turun di sana kita mencari angkutan jurusan Sambalia. Perjalanan yang indah menelusuri pantai ini tidak memakan waktu lama, sekitar seperempat jam sudah sampai di lokasi ini. Kita tidak perlu ragu-ragu, jalan menuju arah ini sudah diaspal secara mulus dengan hotmik. Yang lebih menarik dari perjalanan ini adalah keindahan pantai yang selalu terlihat dari dalam kendaraan.

Berekreasi di Pantai Pulau Lampu ini memang sangat menyenangkan. Di samping kita bisa bermandi di laut yang tidak termasuk dalam katagori membahayakan Itu kita juga bisa menyaksikan indahnya Pulau Lampu dari pantai ini. Betapa tidak, dari pantai ini Pulau Lampu terlihat menyala, putih, bersinar, bagaikan lampu petromaks jika terkena sinar matahari panas. Jarak yang tidak tertalu jauh, bentuk pulau yang bulat dan kemilaunya pantai mengelilingi pulau kecil itu berpadu menambah betahnya kita tinggal di Pantai Pulau Lampu.

Suatu hal yang membuat kita betah berada di pantai ini adalah rindangnya pantai oleh pepohonan. Namun bagi kalian yang ingin berjemur pun terdapat pantai tanpa perindang, cukup dengan padang ilalang saja. Hal lain yang tidak kalah menariknya debur ombak yang menggapai-gapai bibir pantai seolah selalu mengajak pengunjung untuk menikmati keindahan dan keasinan air lautnya.

Bagi pengunjung yang tidak ingin mandi pun dapat berjalan-jalan menyelusuri pantai pasir putih sambil sekali-sekali melihat indahnya kilauan cahaya lampu yang dipancarkan dari seberang. Kalau pun terlalu capai kita bisa duduk-duduk di tepi pantai menghadap ke laut biru. Indah sekali, di penghabisan mata memandang nampak Pulau Sumbawa yang kebiru-biruan dipandang mata.

Barangkali Anda kurang percaya akan adanya pantai wisata tempat melihat pulau yang menyala. Silakan kalau Anda sudah sampai di Bali mampir ke Lombok dan singgah di Pantai Pulau Lampu. Banyak pantai yang indah, tapi Pantai Pulau Lampu mempunyai daya tarik yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *