Menengok Baturaden Tempo Kini

Musim liburan sekolah adalah surga bagi pengelola kawasan pariwisata. Apapun bentuk lokawisata itu, baik pegunungan, pantai, hutan lindung, taman laut, maupun peninggalan sejarah, tetap menjadi sasaran menarik buat para pengunjung. Begitu juga Baturaden. Di samping sebagai daerah yang memiliki daya tarik bagi wisatawan Nusantara maupun mancanegara, Baturaden juga merupakan aset wisata andalan Kabupaten Banyumas.

Sejak tahun 1928 nama Baturaden sudah dikenal oleh para wisatawan nusantara maupun mancanegara. Daerah obyek wisata ini terletak di kaki gunung Slamet, pada ketinggian 670 m di atas permukaan laut, sehingga cukup nyaman untuk daerah peristirahatan dengan suhu sekitar 18-25 derajat Celcius. Di tambah lagi dengan keindahan alam yang indah dan mempesona.

Pada tahun 1967 oleh Bupati Sukarno Agung, Baturaden diresmikan sebagai tempat beristirahat dan rekreasi. Disamping akomodasinya mendukung, di kawasan obyek wisata ini terdapat beberapa fasilitas antara lain tempat peristirahatan/villa, tempat bermain anak-anak, taman hiburan, taman anggrek, pemandian air panas, kolam renang, camping ground (wana wisata), sumber air panas pancuran tiga dan tujuh, dan air terjun yang indah disertai jembatan senggol yang bentuknya melengkung. Juga disediakan tempat khusus bagi mereka yang ingin hiking, mereka dapat melakukan aktivitas dengan mengelilingi hutan wisata. Di sebelah timur lokawisata Baturaden terdapat tanah luas untuk berkemah yang diberi nama “Wana Wisata” (Hutan wisata) yang dikelola oleh Perum Perhutani Banyumas Timur. Bila suasana cerah para wisatawan bisa mengamati keindahan Gunung Slamet yang membiru.

Selain obyek wisata Baturaden, di wilayah Banyumas masih terdapat berbagai obyek wisata yang masih dalam taraf pengembangan, antara lain Museum Wayang Sendang Mas, makam para Bupati Banyumas, Penyucian Jimat di Kalisalak, Gua alam di Desa Darmakeradenan dan Curug Cipendok di Desa Karangtengah Kecamatan Cilongok.

Curug Cipendok, dengan air terjunnya yang memiliki ketinggian ± 80 m, terletak di lereng Gunung Slamet sebelah barat laut Kota Purwokerto (24 km) dengan pemandangan alam yang indah serta mempesona. Obyek wisata ini dapat di tempuh dengan kendaraan roda dua atau empat. Duapuluh tujuh kilometer arah barat, kita jumpai Goa alam yang terletak di desa Ajibarang Darmakeradenan.

Di komplek ini terdapat Museum Wayang Sandang Mas, duplikat si Panji Sumur Mas, konon ada kaitannya dengan nama Kabupaten Banyumas. Selain itu, terdapat masjid bersejarah. Masjid ini terletak di Desa Cikakak Kecamatan Wangon dan merupakan peninggalan leluhur di daerah Banyumas. Masjid ini di bangun pada tahun 1522. Pada hari-hari libur lokasi ini banyak dikunjungi pengunjung dan yang tidak kalah menariknya adalah di sekitar masjid ini terdapat ratusan ekor kera yang jinak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *