Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Mungkin anda seringkali mengeluh mengenai koneksi internet yang lola karena kecepatan wifi atau tetrhing yang lambat, ada beberapa cara mempercepat koneksi wifi yang anda sambung ke computer atau hp anda. Mungkin beberapa langkah ini sepele tetapi akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan koneksi wifi yang anda pakai. Bahkan terkadang, karena koneksi wifi yang tidak stabil atau tidak cepat, akan membuat hp atau laptop anda akan eror.  Ketika koneksi semakin cepat, browsing pun akan semakin lancar dan hp atau laptop tidak akan cepat eror. Berikut akan dijelaskan langkah langkah nya

Langkah Cepat Untuk Mempercepat Koneksi Wifi

  1. Cek Letak Router

Jika anda memasang router di rumah anda, maka perhatikan peletakkannya agar bisa menjangkau sinyal di seluruh sudut rumah anda. Cara tersebut akan mampu meningkatkan jaringan hospot. Mungkin memang terlihat sepele, namun sebaiknya letakkan router di ruang tengah, jangan di jendela. Sinyal akan mengarah ke luar, jadi pasti ada bagian di suatu sudut rumah yang tidak terjangkau.

  • Tidak Menempatkan Router Di Lantai

Untuk cara mempercepat koneksi wifi selanjutnya adalah, jangan sesekali nya meletakkan router anda di lantai. Itu akan membuat sinyal dari router anda tidak akan menyebar secara maksimal, karena lantai mengandung unsure beton semen dan lain lain yang akan sulit ditembus oleh sinyal wifi.

  • Letakkan Router Pada Tempat Terbaik

Memperhatikan peletakkan router juga bisa mempengaruhi kecepatan koneksi wifi hp atau laptop di rumah anda. Meskipun sinyal wifi akan menyebar ke seluruh ruangan anda, akan lebih baik ditempatkan pada ruangan yang sering anda gunakan untuk mengakses internet. Misal anda mempunyai sebuah ruang kerja yang memang kesehariannya membutuhkan sinyal untuk internet, maka sebaiknya letakkan router pada ruangan tersebut saja.

  • Menjauhkan Router Dari Alat Elektronik

Ada baiknya untuk tidak menempatkan router di rumah anda yang berdekatan dengan televisi, microwife, telepon nirkabel dan alat elektronik lainnya yang mampu menimbulkan sinyal elektromagnetik. Karena kinerja sinyal wifi router di rumah anda akan terganggu oleh sinyal elektromagnetik tersebut, yang bisa membuat koneksi jadi tidak lancar.

  • Mengatur Antena

Mungkin anda ada yang pernah melihat antenna router yang miring kenanan dan kekiri, jangan tiru yang seperti itu. Sebisa mungkin anda memperhatikan posisi antenna, agar di atur untuk posisi berdiri atau horizontal. Jadi sinyal akan menyebar secara horizontal ke seluruh sudut rumah anda. Cara ini mampu untuk mempercepat jaringan wifi dirumah.

  • Pantau Kekuatan Sinyal

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau kekuatan sinyal wifi pada router anda, seperti amped atau claudchek. Anda bisa memetakan sekaligus mengetahui saat saat dimana sinyal kuat dan mana saja yang menerima sinyal rendah

  • Ganti Dengan Router Yang Baru

Sebelum anda mengganti router yang lama dengan yang baru, maka anda sebaiknya melakukan speed test pada router anda untuk mengetahui masalah apa yang membuat jaringan wifi anda lemah. Pertama mencoba dengan koneksi wifi, dan yang kedua coba dengan menggunakan koneksi pada kabel. Jika kedua nya tidak bermasalah berarti ada masalah pada layanan internetnya, namun jika ada konfirmasi tidak ada masalah dari layanan internet, berarti anda memang harus sudah mengganti router anda dengan yang baru.

Semoga dengan cara mempercepat koneksi wifi diatas, anda bisa merasakan kemudahan untuk browsing internet dengan cepat kembali seperti sedia kala. Semoga bermanfaat.  

Baca Juga : Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *