Wireshark Network Analyzer, Tool Gratis Untuk Awasi Lalu lintas Data

Administrator jaringan dapat bekerja lebih baik jika mereka memiliki informasi yang relevan. Jadi butuh tool tertentu yang membantu admin jaringan untuk menangkap dan menganalisa data jaringan sehingga mereka bisa mencari tahu apa yang sedang terjadi dan Wireshark Network Analyzer adalah solusinya.

Anda dapat menggunakan wireshark untuk mengetahui paket data pada jaringan dan menampilkan data paket sedetail mungkin. Hal ini sangat membantu dalam memeriksa HTTP Request, Cookies, Forms, TCP Request, Ping Requests dan banyak lagi.

Wireshark berbasis WinPcap karena membutuhkan keduanya untuk diinstal pada komputer. Jika belum terinstal, Wireshark meminta dan menginstalnya. Tool-tool lain tertentu yang digunakan seperti URL pengintai yang mempekerjakan WinPcap untuk mengendus paket yang dalam perjalanan melalui jaringan.

Baca juga : Cara Pilih Printer Sesuai Kebutuhan

Wireshark Network Analyzer cukup terkenal di kalangan admin jaringan sehingga Anda melihat apa yang ditawarkannya. Seperti dikatakan di atas, ia akan meminta Anda untuk menambahkan WinPcap ke komputer dan akan menginstalnya. Ketika Anda membuka program setelah menginstal Wireshark, Anda mendapatkan layar dengan pilihan yang berbeda dibagi menjadi tiga kolom.

Fitur ainnya yang menarik perhatian adalah toolbar yang memiliki pilihan untuk memulai, menghentikan capturing paket. Ia juga memiliki pilihan untuk mengkonfigurasi preferensi dan menjalankan bantuan.

Pilihan lain adalah untuk me-restart tanpa menyimpan file, menutup file capture, reload tangkapan berkas dll. Singkatnya, ia menawarkan Anda cara pintas untuk melakukan pilihan yang berbeda tanpa harus menavigasi menggunakan menu bar.

Baca juga : Clean Master Ampuh Bersih dan Optimalkan Windows PC dengan Cepat

Kode warna adalah fitur baik lainnya dari Wireshark Network Analyzer. Anda dapat menggunakan kode warna atau dapat mengatur kode warna kustom dalam Preferensi pada toolbar. Warna coding membantu Anda mengidentifikasi jenis paket data.

Bar tepat di bawah toolbar berisi opsi untuk mengatur filter. Ini adalah akses mudah ke filter untuk admin yang tidak ingin membuka opsi dialog capture setiap kali. Anda bisa langsung mengetik dalam kotak teks pada bar filter atau dapat meng-klik Ekspresi dan kemudian membuat ekspresi menggunakan pilihan yang tersedia. Menyiapkan filter seperti yang Anda lakukan ketika Anda menangani data dalam Excel sehingga tidak merepotkan.

Pada jendela capture, ketika itu menunjukkan paket data yang berbeda, Anda bisa klik kanan pada paket data untuk melihat rinciannya. Jendela bawah menunjukkan rincian yang berkaitan dengan data paket tertentu.

Singkatnya, Wireshark Network Analyzer  memiliki semua fasili-tas untuk mengamati jaringan data yang bisa digunakan dengan mudah. Antarmuka grafis yang memudahkan untuk melakukan tugas yang berbeda. Jika Anda seorang admin jaringan dan ingin mengawasi paket data, Wireshark adalah tool yang pas. Bila tertarik untuk mencobanya bisa mendownloadnya langsung di alamat ini https://www.wireshark.org/download.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *