Pengertian dan Manfaat Colocation

Colocation tentu terdengar tak asing lagi bagi anda yang akrab dengan dunia IT. Bagi anda yang belum paham, colocation berarti menempatkan perlengkapan server di suatu tempat yang menyediakan jasa hosting. Tempat yang menyediakan jasa hosting, atau lebih mudahnya disebut dengan data center, sudah memiliki keamanan dan juga infrastruktur tersendiri.

Infrastruktur dalam data center biasanya memiliki standar yang sangat baik. Mereka akan menjaga kestabilan listrik, kestabilan akses internet, menyediakan CCTV,dan juga menyediakanpetugas keamanan untuk selalu menjaga perlengkapan server yang dititipkan di tempat tersebut. Data center juga melengkapi lokasinya dengan penyejuk udara serta generator yang ditujukan agar perlengkapan server milik anda tidak mudah rusak. Bandwith yang disediakan juga sangat besar.

Banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan jasa colocation. Alasannya tentu saja demi kepraktisan. Dengan menggunakan colocation, perusahaan tak perlu lagi pusing dan mengeluarkan biaya yang banyak untukmembuat data center sendiri.

Bingung? Untuk lebih mudahnya begini, anggaplah colocation server seperti rumah yang sudah siap anda tinggali, lengkap dengan penjaga keamanan dan berbagai fasilitas lainnya. Anda tinggal masuk dan menempati rumah tersebut dengan membayar sewa setiap bulannya. Dengan demikian anda tidak membutuhkan waktu lebih banyak untuk terlebih dahulu membangun rumah, kemudian melengkapinya dengan berbagai fasilitas yang sekiranya akan anda butuhkan.

Colocation server merupakan tempat yang aman bagi anda untuk menyimpan perlengkapan server. Setiap perlengkapan anda akan ditempatkan di ruangan tersendiri dalam bangunan colocation server. Setiap ruangan diberi pengaman berupa kunci yang hanya dipegang oleh colocation server dan perusahaan yang menitipkan perlengkapan servernya. Bahkan di beberapa colocation server besar, akses hanya dapat dilakukan dengan metode pengenalan sidik jari.

Menggunakan jasa colocation server juga akan membuat data server milik perusahaan anda dapat diakses oleh seluruh orang di dunia dengan lebih cepat dan lebih murah.

Di Indonesia sendiri sudah terdapat banyak colocation server. Colocation Indonesia menerapkan biaya yang beragam bagi perusahaan yang ingin menggunakan jasanya.  Salah satu hal yang menarik dari colocation Indonesia, ialah bahwa biaya sewa tidak tergantung dari tinggi rendahnya server. Jadi server dengan spesifikasi rendah ataupun canggih membayar biaya sewa yang sama. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan – perusahaan besar dengan server yang canggih.

Berdasarkan uraian di atas dapat kita lihat bahwa menggunakan jasa colocation server memiliki banyak keuntungan.

Keuntungan yang didapat dengan menggunakan jasa colocation server antara lain:

  • Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membangun data center sendiri
  • Tidak perlu repot menjaga dan merawat berbagai perlengkapan server, karena colocation server telah mengurus hal tersebut
  • Jaringan cepat dan stabil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *