Lampu LED Vs Lampu Neon

Teknologi LED telah merambah dalam berbagai aspek kehidupan. Lampu LED sering digunakan mulai dari keperluan rumah tangga, desain interior, hingga sebagai aksesoris tambahan pada pakaian. Karena multifungsinya tersebut, lampu LED ini menjadi teknologi baru yang semakin populer saat ini. Bahkan kepopulerannya mulai menggeser kedudukan lampu neon atau lampu pijar.

Lampu LED memiliki kelebihan dibandingkan dengan lampu neon. Secara umum lampu LED dinilai lebih mampu menghemat penggunaan listrik jika dibandingkan dengan lampu neon. Berikut perbandingan lampu LED dengan lampu neon:

  1. Lampu LED dapat menghasilkan cahaya yang lebih baik dibandingkan dengan lampu neon atau lampu pijar. Selain itu, cahaya yang dihasilkan juga lebih fokus.
  2. Daya tahan lampu LED relatif lebih panjang dibandingkan dengan lampu neon. Bahkan ada produsen yang mengklaim mampu membuat lampu LED yang bisa bertahan hingga 10 tahun. Sebaliknya, lampu neon biasanya hanya dapat dipakai kurang dari 2 tahun.
  3. Lampu LED merupakan salah satu terobosan produk lampu yang ramah lingkungan. Lampu LED ini juga diklaim sebagai lampu yang bebas merkuri sehingga lebih ramah lingkungan.
  4. Lampu LED tidak memancarkan panas seperti lampu neon sehingga tidak cepat panas.
  5. Harga jual lampu LED relatif lebih mahal, jika dibandingkan dengan lampu pijar atau lampu neon. Namun, pemakaian lampu LED akan lebih murah dibanding lampu neon atau lampu pijar.
  6. Selain itu, suhu temperatur ruangan dapat mempengaruhi daya tahan lampu LED sehingga tidak disarankan untuk outdoor.

Lampu LED memang terbukti memiliki kelebihan dalam beberapa segi jika dibandingkan dengan lampu pijar atau lampu neon. Meski harga jual lampu led relatif mahal, namun lampu ini dapat bertahan selama bertahun-tahun. Dengan begitu, sebenarnya Anda sudah berhemat dengan memilih lampu LED dibandingkan dengan lampu neon.

Sebelum membeli lampu LED, cek dulu harga jual lampu led di beberapa toko lampu kemudian carilah harga yang termurah. Mulailah beralih menggunakan lampu LED sekarang juga. Selain dapat lebih menghemat listrik, anggaran yang digunakan untuk gonta-ganti lampu dapat dialihkan untuk keperluan rumah tangga lainnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *