EasyDrop, Cara Akses Cepat Dropbox via Chrome

Dropbox masih menjadi salah satu layanan penyimpanan cloud yang populer. Anda tentunya dapat mengakses akun Dropbox menggunakan perangkat apapun. Tetapi ketika Anda sedang menggunakan PC atau laptop yang tidak memiliki aplikasi Dropbox client yang terinstal, dapat menggunakan extension bernama EasyDrop.

Extension ini memungkinkan Anda untuk mengakses file Dropbox secara langsung pada Google Chrome, bahkan tanpa harus menutup tab yang sedang aktif. Berikut ini cara akses cepat dropbox via Chrome.

  • Akses Chrome Web Store lalu cari dan download EasyDrop.
  • Jika sudah klik tombol extension dan lakukan sign in dengan menginputkan alamat email dan password.
  • Anda pun dapat langsung melihat file dan folder yang tersimpan pada akun melalui jendela kecil tersebut. Ukuran jendela dapat diperbesar dengan meng-klik tombol Maximize. Dari daftar file dan folder; Anda dapat meng-kliknya secara langsung untuk mengaksesnya. Di samping kanan file atau folder terdapat tombol yang menampilkan opsi seperti share atau delete. Misalnya jika Anda ingin men-share sebuah file. Pilih opsi Share link terlebih dahulu.
  • Lalu inputkan link dimana Anda ingin men-share file tersebut. Anda juga dapat mengimport kontak dari Google, Yahoo atau Facebook. Tersedia opsi untuk mendapatkan link share dengan meng-klik tombol Get link. Maka link akan dicopy ke clipboard, dan Anda dapat langsung mem-paste ke pesan atau email.
  • Jika ingin mendownload file, tutup terlebih dahulu jendela share. Anda akan menemukan tombol Download di sudut kanan atas jendela. Klik dan tunggu hingga proses download berjalan.
  • EasyDrop dapat rnembuka berbagai macam file termasuk foto, teks dan dokumen termasuk PDF. Misalnya untuk foto, Anda juga dapat menyimpannya langsung ke harddisk dengan meng-klik kanan dan memilih opsi Save image as.
  • Untuk file PDF, file akan dibuka pada tab baru di browser, dan Anda dapat meng-klik ikon disket di bagian bawah untuk menyimpan file.

Demikianlah 7 cara akses cepat dropbox via Chrome. Oya, satu-satunya kekurangan pada EasyDrop adalah Anda tidak dapat mengedit file yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *