Peralatan Kamar Mandi yang Wajib Dibersihkan Secara Rutin

Kamar mandi mempunyai banyak peralatan-peralatan yang wajib ada di dalamnya, seperti pegangan handuk, stop kran air, dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa di antara mereka yang harus dibersihkan bahkan diganti secara rutin karena erat kaitannya dengan masalah kesehatan. Jangan sampai benda-benda yang sejatinya berfungsi untuk membersihkan diri justeru menjadi sarang penyakit karena terdapat banyak kuman dan bakteri yang melekat. Berikut adalah barang-barang di kamar mandi yang membutuhkan perhatian ekstra dalam perawatannya:

  1. Sikat Gigi

Bulu pada sikat gigi memiliki fungsi untuk membersihkan segala macam kotoran dan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Namun, jika tidak rutin dibersihkan, bahkan diganti secara berkala, benda tersebut malah menjadi tempat berkumpulnya bakteri penyebab penyakit. Rajinlah membersihkan sikat gigi dengan cara membasuhnya di air mengalir atau direndam dalam cairan pencuci mulut, dan gantilah setiap tiga atau empat bulan sekali.

  • Pisau Cukur

Kendati hanya disarankan sekali pakai, namun tidak sedikit orang menggunakan sebuah pisau cukur secara berkali-kali, bahkan hingga dirasa sudah tak tajam lagi atau berkarat. Oleh sebab itu, pastikan pisau cukur selalu rutin dibilas sehabis digunakan, supaya terbebas dari potongan-potongan bulu dan krim cukur yang tertinggal. Bersihkan dengan kapas yang sudah diberi alkohol isopropil, lalu simpan pisau cukur di tempat kering.

  • Sisir Rambut

Sisir rambut terkadang tampak tetap bersih meski sudah berkali-kali digunakan, padahal debu, minyak, dan residu produk-produk perawatan menempel di sela-selanya. Maka dari itu, sebaiknya sisir rambut rutin dibersihkan dengan cara dicuci menggunakan air hangat, lalu keringkan sebelum kembali digunakan.

  • Bath Mats

Bath Mats atau karpet slip yang umum digunakan di kamar mandi sangat berpotensi menjadi sarang berkumpulnya bakteri dan berkembangnya lumut jika terus dibiarkan basah dan lembab. Maka dari itu, Bath Mats wajib dicuci secara teratur dan rutin, serta dikeringkan sebelum kembali digunakan.

  • Sikat WC

Sikat WC atau sikat toilet bisa dibilang melakukan pekerjaan palingkotor di kamar mandi. Oleh sebab demikian, sikat WC harus rajin dibersihkan lewat cara merendam dan membilasnya dengan air panas, supaya tidak menjadi sarang berkumpulnya kuman-kuman penyebab penyakit.

  • Gayung

Gayung sangat mudah berlumut jika tidak dirawat. Padahal, benda tersebut pasti menempel dengan mulut ketika penggunanya hendak berkumur. Karenanya, rutinlah membersihkan gayung dengan cara menyikatnya, dan lakukan minimal satu minggu sekali.

  • Shower Puff

Shower Puff adalah peralatan mandi berbentuk bola jaring yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran-kotoran pada tubuh. Jika tidak dibersihkan secara rutin, benda ini justeru bisa menjadi tempat berkumpul dan berkembangbiaknya bakteri penyebab penyakit. Oleh sebab demikian, rajinlah mencuci shower puff minimal satu minggu sekali lewat cara merendamnya dengan air hangat yang sudah dicampur sabun cair anti-septik, keringkan setiap kali selesai digunakan, dan usahakan diganti setiap dua bulan sekali.

  • Tempat Penyimpanan Sikat Gigi

Pada umumnya, tempat penyimpanan sikat gigi yang digunakan Masyarakat di Tanah Air adalah wadah berbentuk gelas. Wadah tersebut harus rutin dibersihkan karena bisa menampung sisa-sisa air dari aktivitas menyikat gigi, yang jika dibiarkan akan menimbulkan bau tak sedap dan menjadi sarang berkumpulnya bakteri. Caranya, cuci tempat penyimpanan sikat gigi dengan sabun pencuci piring, lalu keringkan sebelum kembali digunakan. Usahakan dilakukan secara rutin, minimal satu minggu sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.