7 Tips Memilih Apartemen Elit Dengan Benar

Foto #68665838

Tempat tinggal merupakan satu dari sekian kebutuhan yang sifatnya mutlak. Dimana keperluan tersebut wajib dipenuhi lantaran menyangkut papan yang notabene dijadikan tempat untuk bermalam, berlindung, serta menjadi surga kecil bagi setiap orang dengan kehadiran keluarga yang mampu menenangkan dan menghadirkan kehangatan di tengah-tengahnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, kemunculan hunian pun tak hanya difungsikan sebagai benda terapan saja. Hal ini terbukti dari penambahan nilai estetika yang bisa dilihat dari desain serta rancangannya.

Di samping menunjukkan eksistensi yang makin meninggi, tempat tinggal di era modern juga dibuat lebih simple namun tanpa mengesampingkan kegunaan utamanya. Selain apartemen murah di Jakarta, sebut saja apartemen elit yang sedang gencar dibangun oleh pengembang properti.

Berbeda dengan kontrakan atau perumahan, apartemen identik dengan gaya pemukiman bagi kalangan menengah ke atas. Selain fasilitas mumpuni yang disediakan, ukurannya yang tidak terlalu luas dan tersusun dari beberapa lantai juga mencerminkan kehidupan agak glamour seperti budaya orang barat. Tetapi lama-kelamaan anggapan ini berhasil di tepis dengan harga apartemen yang mengincar kelas middle.

Kabar tentang dibangunnya apartemen elit sendiri sudah meluas sejak jaman millenium ini. Kuotanya semakin bertambah sebanding dengan melonjaknya penduduk di suatu wilayah, terutama untuk perkotaan besar.

Lahan yang berkurang dan pemukiman yang kian dibutuhkan seakan mampu teratasi dengan kehadiran apartemen. Ya, meski hanya bisa dijangkau oleh mereka dengan kondisi budget yang mencukupi.

Nah, bagi Anda yang sedang bingung atau berencana untuk membeli apartemen, berikut beberapa panduan sederhana yang bisa Anda jadikan referensi agar terhindar dari ulah orang tidak bertanggung jawab.

  1. Lokasi

Pertimbangkan lagi apakah Anda sudah benar-benar memilih area yang sesuai? Misalnya ditilik dari kedekatannya dengan tempat Anda bekerja. Jika tempat tinggal ada dekat, artinya Anda tidak harus mengeluarkan dana berlebih untuk transportasi bahkan mungkin Anda bisa menjangkaunya dengan hanya berjalan kaki.

Selanjutnya ditengok dari keterjangkauan dengan fasilitas umum. Contohnya rumah sakit, bank, puskesmas, kantor pos, dan sebagainya. Keuntungan yang akan Anda peroleh begitu fix membayar apartemen elit ialah lokasinya yang didirikan di pusat kota. Sehingga jika keperluan Anda habis atau perlu sesuatu, Anda tidak dituntut mengerahkan tenaga maksimal untuk menemukannya.

  1. Harga

Tarif yang dipasang oleh pemilik tidak bisa dipungkiri memang berimbas pada pelayanan yang disuguhkan. Khususnya kamar dan seisi apartemen. Walaupun umumnya hanya terdiri dari berapa ruang. Kelengkapan seperti AC, kipas angin, atau kamar mandi pun turut diatur.

Apartemen elit mayoritas mengutamakan kenyamanan Anda. Namun untuk memperoleh rasa aman, Anda tak harus membayarnya dengan harga yang mahal.

Sesuaikanlah dengan budget yang Anda punya. Jangan sampai Anda kekurangan atau rela meminjam uang. Sebab yang terpenting adalah esensinya. Aman dan comfortable menjadi kunci yang utama.

  1. Security

Kehidupan metropolis yang cenderung mengarah pada sikap individual terkadang meninggalkan ketakutan tersendiri. Orang-orang condong acuh pada sesuatu yang tidak ia ketahui, kepedulian makin mengalami penurunan. Ini tak lain adalah gaya hidup masa kini yang juga merupakan dampak dari westernisasi.

Oleh sebab itu, jika Anda menjadi penghuni apartemen elit Anda tidak bisa menggantungkan sesuatu pada tetangga. Permintaan tolong pun direspon dengan sebelah mata. Maka andalkanlah satpam atau penjaga yang bertugas. Biasanya terpampang nomor call center yang bisa anda hubungi setiap waktu apabila memerlukan jasanya.

Cctv yang dipasang juga menjadi indikator yang harus dituntaskan oleh apartemen elit berstandar bagus.

  1. Survei

Minta marketing atau orang yang dilimpahi wewenang melakukan pemasaran untuk mengantar Anda ke apartemen tersebut. Amati dengan baik. Jika ada sesuatu yang mengganjal, sebaiknya langsung ditanyakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Gali informasi sebanyak mungkin agar anda mantap sebelum transasksi dijalankan.
Selektif

Perhitungkan lagi, berpikir ulang jika apartemen elit yang rencananya akan Anda beli dekat dengan bar, cafe, atau tempat hiburan lainnya. Selain bising, bagi Anda yang belum bisa mengelola keuangan dengan baik, godaan untuk menyambanginya bisa-bisa menguras kocek Anda. Kalau sudah begini, tentu repot lagi kan?

  1. Anda direkomendasikan untuk mengambil apartemen elit dengan usia bangunan yang masih muda. Kemudian Anda juga bisa mencari apartemen yang terdapat balkon dimana Anda bersama keluarga bisa bersantai menikmati indahnya kota di malam hari atau menyaksikan matahari terbit.
  2. Tempat parkir

Hilangkan malu Anda untuk bertanya ke developer. Jika Anda mempunyai mobil dan diparkirkan apa ada biaya tambahan atau tidak. Ini juga akan berakibat pada pengelolaan pemasukan dan pengeluaran Anda selama menempati apartemen elit.

Periksalah fasilitas yang disediakan. Pikir baik-baik. Jika Anda punya waktu luang, tak ada salahnya jika mengunjungi apartemen satu per satu.

Itulah secuil info yang bisa Anda jadikan pedoman agar tidak asal-asalan menemukan hunian yang tepat. Semoga menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *