3 Dampak Positif Tugas Kelompok

Seorang siswa sebuah sekolah sering kali mendapatkan tugas sekolah. Baik itu tugas yang harus dikerjakan oleh sendiri atau tugas kelompok. Tugas sekolah yang diterima oleh seorang siswa itu harus dikerjakan dan dikumpulkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tentunya tugas sekolah itu harus dikerjakan dengan sungguh sungguh dan sebaik baiknya. Jika seseorang atau sebuah kelompok tidak mengerjakan atau mengumpulkan tugas sekolahnya tentu akan mendapat hukuman dari gurunya. Jika tugas sekolah ini bersifat pribadi maka seorang siswa ini harus mengerjakan dan menyelesaikannya seorang diri. Namun jika tugas sekolahnya bersifat kelompok maka harus dikerjakan dan diselesaikan bersama sama oleh suatu kelompok tersebut. Ada 3 dampak positif yang dapat diambil jika seorang siswa mendapat tugas kelompok diantaranya adalah :

  1. Belajar Bekerjasama

Disaat seorang siswa mendapat tugas kelompok dari sekolahnya maka seorang siswa ini dilatih untuk bisa bekerjasama dengan anggota lain dari kelompoknya itu. Semua anggota dari kelompok tersebut wajib ikut mengerjakan dan menyelesaikan tugas kelompoknya secara bersama sama sehingga dapat dikumpulkan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.

  1. Belajar Menerima Pendapat Orang Lain

Tugas kelompok adalah sebuah tugas yang harus dikerjakan dan diselesaikan oleh semua anggota dari sebuah kelompok belajar. Ketika sebuah tugas harus dikerjakan oleh beberapa orang maka hasil dari tugas itu adalah hasil ide pemikiran dari beberapa orang itu. Disini seorang siswa harus bisa menerima pendapat orang lain.

  1. Belajar Berinteraksi Dengan Orang Lain

Ketika seorang siswa mendapat tugas kelompok dari sekolahnya, seorang siswa ini diajarkan untuk bisa berinteraksi dengan siswa yang lainnya. Sebagai contoh misal seorang siswa yang kesehariannya itu hanya dekat dengan teman sebangkunya, namun ketika mendapat tugas kelompok tidak sekelompok dengan teman sebangkunya itu maka seorang siswa itu harus bisa berinteraksi dengan siswa lain di kelompok belajarnya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *