Berikut Ini Tips Menjadi Orang Tua Yang Baik Bagi Anak

Hasil gambar untuk menjadi orang tua


Menjadi orangtua yang baik bagi anak tidaklah mudah. Namun kita sebagai orantua harus selalu berusaha untuk menjadi orangtua yang baik bagi anak-anak. Karena dengan menjadi orangtua yang baik tentunya diharapkan bisa mendidik anak dengan baik pula. Berikut ini tips parenting menjadi orangtua yang baik bagi anak :

1. Selalu Menjawab Pertanyaan Anak

Biasanya pada masa pertumbuhan, sang anak akan sering mengeluarkan pertanyaan “apa” dan “kenapa”. Bahkan tidak jarang sang anak menanyakan sesuatu yang tidak penting yang kadang orangtua merasa malas untuk menjawabnya. Padahal anak yang sering bertanya, akan membentuk diri mereka menjadi sosok yang kritis nantinya. Maka dari itu orangtua harus menjawab semua pertanyaan anak, dengan jawaban yang sederhana sehingga mampu dipahami oleh anak.

2. Memiliki Tujuan Pengasuhan

Banyak orantua yang tidak memiliki pola asuh yang jelas dalam mendidik anaknya. Dimana orangtua hanya mendidik anaknya dengan tanpa pola dan indikator yang jelas. Padahal tujuan pengasuhan adalah hal yang sangat penting dalam smart parenting. Oleh karena itu, para orangtua sebaiknya membuat suatu tujuan pengasuhan yang jelas sejak anak dilahirkan. Tentunya hal ini disiapkan dengan kesepakatan bersama dengan pasangan, prioritas apa yang akan diberikan kepada anak, serta bagaimana pendekatan yang akan dilakukan.

3. Tanggung Jawab Penuh

Kewajiban sebagai orangtua salah satunya adalah memiliki rasa tanggung jawab penuh terhadap anaknya. Walaupun sebagian orangtua mempercayakan anaknya diasuh oleh babysitter atau mertua, namun hal ini bukan berarti orangtua melepaskan begitu saja pengasuhan anak supaya fokus bekerja. Sebagai orangtua harus tetap bertanggung jawab penuh terhadap anaknya. Sehingga sesibuk apapun orangtua harus selalu berada di sisi anak. Karena kurangnya kebersamaan anak dengan orangtua bisa membuat ikatan dikeduanya menjadi renggang. Akhirnya sang anak tidak akan terbuka terhadap orangtuanya dan cenderung lebih cuek.

4. Beri Apresiasi

Sebagai orangtua yang baik, maka jangan pernah sungkan untuk memberikan pujian kepada anak saat anak melakukan sesuatu hal yang baik atau telah berhasil mencapai sesuatu. Misalnya anak anda sudah khatam baca iqro, maka anda bisa memberikan apresiasi berupa apa saja. Baik itu berupa ucapan selamat, ciuman, atau bahkan pemberian hadiah. Sehingga dengan mendapatkan penghargaan dari orangtua, sang anak akan lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu yang baik lainnya.

5. Jangan Mengkritik Terlalu Berlebihan

Yang namanya anak pasti sering melakukan kesalahan yang kadang membuat orangtua merasa jengkel. Namun sebagai orangtua, hanya bertugas untuk mengingatkan kesalahan anak tersebut serta dampak yang ditimbulkan. Dan jangan pernah mengkritik anak secara berlebihan, karena hal tersebut bisa membuat sang anak takut untuk melakukan sesuatu dan bisa mengurangi kepercayaan dirinya.

Mungkin itu saja informasi kali ini tentang 5 tips parenting menjadi orangtua yang baik bagi anak, semoga ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.