Tips Merawat Mobil Matic Supaya Awet

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pasar mobil di Indonesia saat ini di dominasi oleh mobil-mobil keluaran terbaru pada setiap tahunnya. Ya, tentu saja hal ini juga tidak terlepas dari tingginya minat konsumen masyarakat Indonesia, akan kebutuhan mobil-mobil matic. Tak hanya mengusung tampilan desainnya yang begitu mewah, mobil-mobil matic tersebut juga dibekali dengan beberapa fitur yang canggih dan keren seperti airbag, tv LCD, kamera CCTV, dan masih banyak lagi. Tapi sayangnya, ada sebagian dari para pemilikinya yang mengganggap bahwa merawat mobil matic itu sangatlah ribet. Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut dibawah ini ada beberapa cara mudah merawat mobil matic yang harus anda ketahui :

  1. Lakukan Pengecekan Valve Dan Oli Transmisi

Biasanya pada mobil matic sering mengalami kerusakan pada bagian gasket transmisi atau kerusakan gasket transmisi. Oleh sebab itu anda harus sering mengecek gasket transmisi ini secara dini. Karena bagaimanapun mobil matic ini berbeda dengan mobil manual, sehingga mobil matic ini bisa sering mengalami kerusakan pada bagian valve seperti mengalami kebocoran hal ini disebabkan karena pada saat pemindahan tuas yang sangat keras dan sentakan gas.

  1. Mengganti Oli Transmisi

Hal yang harus diperhatikan juga oleh anda adalah perawatan oli transmisinya. Dalam hal ini anda wajib untuk mengganti oli transmisi secara rutin dan berkala, perlu anda ketahui bahwa mobil matic ini jika sudah odometernya menunjukkan minimal 25.000 KM dan maksimal 50.000 KM maka anda harus mengganti oli transmisinya. Anda bisa mengganti oli transmisi dengan menggunakan pelumas yang telah direkomendasikan oleh pihak produsen mobil.

  1. Lakukan Pergantian Oli Transmisi Jika Terkena Banjir

Pada saat musim hujan tiba, apalagi hujan turun dengan intensitas yang tinggi yang bisa menyebabkan banjir. Banjir bisa terjadi di jalan raya, sehingga mau tidak mau anda tidak bisa menghindar dari banjir pada saat mobil anda melintas di jalan raya. Oleh sebab itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan anda harus mengganti oli transmisi, karena pada saat banjir otomatis airnya bisa masuk ke dalam gearbox. Jika sudah demikian mobil matic anda akan mengalami hal yang sangat fatal jika hal tersebut anda hiraukan seperti akan mengalami kemacetan gear atau transmisi.

  1. Melakukan Service Mobil Secara Rutin

Anda jangan hanya mahir dalam menggunakan kendaraannya saja, tetapi anda juga harus mahir dalam merawat kendaraan tersebut. Karena Bagaimanapun kendaraan anda membutuhkan perawatan yang khusus, melakukan service kendaraan  secara rutin merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus anda lakukan, demi kenyamanan serta keamanan pada saat kita berkendara di jalan. Begitu juga dengan mobil matic, karena bagi mobil matic melakukan service ke bengkel secara rutin, merupakan hal yang harus menjadi  prioritas bagi para pemiliknya. Karena dengan anda melakukan service mobil matic ke bengkel secara rutin dan berkala, selain supaya mobil matic anda menjadi lebih awet juga bisa menjadi lebih aman dan nyaman pada saat berkendara.

  1. Mengganti Oli Mesin

Selain melakukan service secara rutin dan berkala, anda juga harus memperhatikan dalam melakukan pergantian oli mesin secar berkala. Karena oli mesin ini sangatlah penting bagi perawatan mesin mobil matic anda, dimana oli mesin ini bermanfaat untuk supaya mesin mobil matic anda menjadi lebih awet dan tidak cepat aus yang bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

Itulah beberapa tips yang mudah untuk merawat mobil matic. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba tips tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.