Motor Tiger Semakin Agresif dengan Gaya Street Fighter

Monster dari Tenggarong

Memiliki motor tiger bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi pecinta motor. Motor dengan bentuk bodi yang besar ini memang disukai oleh para pria karena tampilannya yang macho. Motor tiger juga sering dimodifikasi untuk mendapatkan tampilan yang semakin gahar. Salah satu gaya yang sering digunakan oleh para biker di Indonesia untuk modifikasi motor tiger yaitu street fighter. Pada gaya ini, motor tiger hadir dengan  perubahan yang cukup signifikan untuk tampilan maupun mesinnya. Street fighter sendiri dikenal sejak tahun 1970-an. Gaya ini merupakan pengembangan dari model cafe racer. Awalnya pemilik motor fairing pada saat itu tidak mampu mengganti salah satu bagian motor yang rusak. Orang-orang itu kemudian memilih untuk tidak menggunakan motor yang rusak tersebut. Dari situlah gaya street fighter mulai dikenal oleh masyarakat Inggris secara tidak sengaja.

Menurut Anas Choirudin, seorang Builders Dien’s Bike asal Pondok Bambu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat  memulai modifikasi motor tiger gaya street fighter. Menurutnya, gaya street fighter merupakan sebuah gaya yang lebih berkonsentrasi untuk mendapatkan tampilan yang agresif pada motor tiger. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tampilan agresif adalah dari desain rangka serta kaki yang tepat. Rangka yang digunakan biasanya dipilh dari model delta box. Pada model ini rangka lebih menonjol keluar sehingga dapat membuat tampilan motor lebih berotot. Sedangkan penggunaan kaki yang tepat diperlukan karena biasanya penggemar gaya street fighter suka ngebut dijalanan. Untuk mesinnya sendiri bisa dipilih dari berbagai motor sport sesuai selera.

Modifikasi motor tiger gaya street fighter memiliki dua pilihan yaitu menggunakan model satu tempat duduk maupun model dua tempat duduk. Hal ini bisa disesuaikan dengan konstruksi dari rangkanya maupun bagian suspensi. Beberapa penggemar gaya ini mengikhlaskan rangka asli bawaan motor dipotong atau memilih spare part lainnya untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Modifikasi motor tiger gaya street fighter sendiri biasanya membutuhkan waktu dua bulan dengan biaya minimal Rp 20 juta sesuai dengan keinginan pemilik motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *