Cara Benar dan Aman Membersihkan Mobil

Kotornya sebuah mobil akan menjadi penyakit bagi mobil itu sendiri. Pada saat mobil itu kotor maka akan tertutupnya bodi mobil yang keren oleh debu yang menyelimuti mobil tersebut. Akan cepat kotornya mobil jika digunakan untuk melakukan perjalanan yang jauh dan melewati medan yang berat. Sehingga diperlukanya cara mencuci mobil dengan benar. Sehingga nantinya mobil akan menjadi kinclong dan akan tetap amannya komponen mobil yang ada didalamnya.

Akan berpengaruhnya kebersihan mobil terhadap kenyamanan pada saat berkendara, dan juga mobil akan tetap terjaga kesehatannya. Selama ini didalam cara mencuci mobil banyak salah kaprah, misalnya cara mencucinya itu dengan disemprot atau disteam yang pastinya akan sangat membahayakan bagi mobil. Jika kita membersihkan mobil dengan cara itu maka maka bisa meledaknya mesin mobil atau juga konslet. Hal ini tentunya akan sangat merugikan karena cara yang salah didalam mencuci mobil maka akan terkurasnya uang dan waktu untuk memperbaiki mobil.

Tetapi tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan cara membersihkan mobil dengan benar dan aman. Berikut cara benar dan aman didalam membersihkan mobil diantaranya yaitu :

  1. Pertama tama pintu dan kaca jendela mobil ditutup dan juga antena radio ditarik.
  2. Dilangkah yang kedua terlebih dahulu semprotkan air pada mobil yang nantinya akan dapat menghilangkan noda dan akan dapat melembutkannya. Jika noda yang menempel kuat pada mobil jumlahnya banyak maka kita harus menunggu beberapa saat setelah air disemprotkan. Yang perlu diingat adalah pada saat menyemprotkan air itu tidak menggunakan tekanan tinggi karena ini dapat menyebabkan tergoresnya cat mobil. Supaya air tidak masuk kedalam sela sela jendela mobil maka sebaiknya air dialirkan dari atas hingga kebawah.
  3. Pada langkah yang ketiga ini supaya mobil tidak lecet maka sebaiknya dengan menggunakan spons yang tidak kasar. Hindari penggunaan spons yang biasanya digunakan untuk mencuci piring dan juga gunakan sabun pembersih khusus untuk mobil. Sangat dilarang untuk menggunakan deterjen yang biasanya digunakan untuk mencuci baju karena ini dapat menyebabkan warna cat mobil rusak. Dan supaya tampilan mobil lebih keren lagi maka bersihkan juga samping ban mobil dengan menggunakan sikat plastik.
  4. Dilangkah yang keempat terlebih dahulu bersihkan atap mobil baru kemudian membersihkan bagian samping dan juga bagian bawahnya.
  5. Pada langkah yang kelima air disemprotkan dari berbagai arah pada bagian kolong mobil.
  6. Dilangkah yang keenam sesering mungkin spons dibilas pada saat akan menyabuni mobil. Sehingga sangat dianjurkan didalam proses ini untuk menyiapkan 2 ember khusus. Ember yang satu diisi dengan sabun dan ember yang keduanya khusus untuk membilas spons.
  7. Pada langkah yang ketujuh ini bilas dengan air hingga bersih. Pastikan mobil tidak ditempeli sabun yang masih tersisa. Alangkah baiknya jika membilasnya itu pada saat setiap setelah selesainya perbagian. Sehingga nantinya tidak akan keringnya sabun dan meninggalkan noda. Yang perlu diingat setiap celah dan kolong mobil itu perlu untuk diperhatikan, jangan sampai adanya bagian yang terlewatkan yang belum dicuci.
  8. Dan dilangkah yang terakhir ini mobil dilap dengan menggunakan lap khusus atau lap chamois atau micro fiber yang bersih.

Itulah cara benar dan aman didalam membersihkan mobil. Selain cara mencuci yang harus diperhatikan tetapi kita juga harus memperhatikan waktunya. Hindari mencuci mobil dibawah terik matahari langsung karena ini bisa menyebabkan kerusakan pada cat mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *