6 Alasan Ganti Oli Motor Federal Matic 2X Revolusi Dingin

Bagi anda pemilik kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor, tentu tidak asing dengan salah satu komponen motor yang bernama oli. Ya, Oli merupakan cairan pelumas yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran mesin maupun komponen motor lainnya. Bisa jadi, tanpa adanya Oli motor anda tidak akan jalan. Percuma motor anda terisi dengan bahan bakar penuh kalau olinya habis, yang terjadi pasti mesin rusak dan biaya reparasinya jauh lebih mahal.

Cara menjaga kualitas oli motor tergantung pada pemakaiannya dan bagaimana anda merawat motor sendiri. Kalau motor biasa digunakan untuk perjalanan jarak jauh, tentu kebutuhan olinya berbeda dengan motor untuk jarak sedang. Motor yang digunakan di cuacayang ekstrem juga berbeda dengan motor di cuaca yang normal. Oli motor terbaik selalu mengikuti dan disesuaikan dengan dimana motor itu digunakan. Sedang untuk perawatan motor, juga beraga. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana seperti menggunakan motor secara wajar (tidak digunakan untuk balapan), melakukan servis motor secara rutin dan mengganti oli secara berkala.

Mengapa Harus Ganti oli Secara Rutin?

Untuk menjawab pertanyaan itu, tak bisa lepas dari fungsi oli pada motor itu sendiri. Misalnya oli motor matic, punya manfaat yang luar biasa. Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas bahwa oli berfungsi sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus tanpa gangguan. Selain itu, oli juga memiliki fungsi tambahan lainnya, antara lain :

  • Mengurangi gesekan antara komponen mesin motor satu dengan yang lainnya. Gesekan yang terjadi akan menyebabkan komponen mesin menjadi aus atau menyusut, menurunya kinerja yang dihasilkan dan menyebabkan motor cepat panas serta menghasilkan kotoran pada motor anda. Maka dari itu, untuk mengurangi gesekan antar komponen motor, bagian mesin yang saling bergesekan di lapisi oli pelumas.
  • Oli dapat mendiginkan motor dari panas yang dihasilkan akibat proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang di hasilkan akibat gesekan antar komponen. Tentu saja ini tergantung dari jenis oli yang dipakai. Makin baik oli yang digunakan, makin sempurna pula hasil pembakaranya. Misalnya oli federal matic pada motor matic, mampu menghasilkan pembakaran yang sempurna. Bahkan menghasilkan kualitas yang 2x lebih efektif, 2x lebih kencang, 2x lebih bandel.
  • Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi pada mesin motor maupun tekanan hasil pembakaran dengan cara mengisi lapisan oli pada celah antara piston dan silinder
  • Sebagai perendam getaran dan suara bising yang diakibatkan benturan pada piston, batang piston dan poros engkol. Caranya dengan melapisi bagian-bagian tersebut dengan oli pelumas sehingga suara mesin akan lebih halus dan tidak bising.
  • Sebagai pembersih kotoran yang dihasilkan akibat gesekan antar komponen mesin. Pelumas akan membantu menghilangkan kotoran tersebut. Sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih. Karena memiliki fungsi sebagai pembersih kotoran, maka oli yang lama tidak diganti biasanya akan berwarna sangat pekat, meski juga tergantung dengan cara pemakaian.
  • Sebagai anti karat. Pelumas akan melapisi bagian logam pada mesin motor anda, sehingga dapat menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

Nah itulah beberapa alasan mengapa pemilik motor, baik motor matik maupun lainya wajib secara rutin mengganti oli. Apalagi oli motor matic cepat habis jika dibanding dengan motor bebek dan lainya. Sehingga motor matic butuh oli semacam federal matic 2x revolusi dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *