Ini Dia Hasil Klasemen Akhir Peolehan Medali Di Asian Games 2018

Soal Cium Obor Asian Games, Begini Kata Anies Baswedan

Hari terakhir penyelenggaraan Asian Games 2018 adalah tanggal 2 September 2018. Upacara penutupannya akan digelarnya pada hari ini Minggu 2 September 2018 di Jakarta tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Link Live Streaming dapat diakses melalui SCTV, Indosiar, TV One, TVRI, Kompas TV, dan Trans7, yang bisa disaksikan pada pukul 19.00 WIB. Sedangkan serangkaian acara penutupnya itu telah dijadwalkan dan dimulai sejak pukul 16.00 WIB.

Berikut hasil klasemen akhir peolehan medali di Asian Games 2018 diantaranya yaitu :

  • China kembali menjadi juara umum yang ke 10 selama berturut turut sejak pertama kalinya meraih juara di New Delhi India. China berhasil mengumpulkan koleksi medali emas sebanyak 132 buah.
  • Yang menjadi juara keduanya adalah Negeri Tirai Bambu Jepang yang berhasil mengumpulkan medali emas sebanyak 75 buah. Jumlah perolehan medali itu bagi kontingen Jepang merupakan yang terbanyak kedua setelah sebelumnya pada tahun 1966 di Bangkok berhasil mengumpulkan medali emas sebanyak 78 buah.
  • Korea Selatan yang berhasil menduduki peringkat ketiga dengan perolehan medali emas sebanyak 31 buah. Dengan rincian perolehan medali sebagai berikut medali emas sebanyak 49 buah, medali perak sebanyak 58 buah, dan medali perunggu sebanyak 70 buah.
  • Indonesia sebagai tuan rumah berhasil menduduki peringkat yang keempat dengan total perolehan medali sebanyak 98 buah dengan rincian perolehan medali sebagai berikut medali emas sebanyak 31 buah, medali perak sebanyak 24 buah, dan medali perunggu sebanyak 43 buah. Hasil pencapaian ini merupakan nilai tertinggi dari Tim Merah Putih selama mengikuti Asian Games. Indonesia menjadi satu satunya negara yang berada diposisi 10 besar di Asia Tenggara. Tim Merah Putih ini hasil pencapaian medalinya melebihi dari target yang dibebankan pemerintah kepada Kemenpora.
  • Dan yang berada di peringkat kelima adalah Uzbekistan dengan perolehan medali sebanyak 21 medali emas dan berhasil menggeser posisi Iran. Uzbekistan menjadi negara rekor perolehan medali emas terbanyak daru negara negara pecahan Uni Soviet.
  • Adanya tiga negara lain yang berhasil memecahkan rekor jumlah medalui yaitu Bahrain, Kirgistan, dan Kamboja. Medali emas yang berhasil diraih Bahrain sebanyak 12 buah dimana jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan perolehan medalinya pada tahun 2014. Sedangkan Kirgistan dan Kamboja sama sama berhasil mengumpulkan 2 buah medali emas.
  • Prestasi lainnya diraih oleh Korea Bersatu yang merupakan kontingen gabungan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Dimana kedua negara tersebut berhasil mengatasi perbedaan dengan meraih medali sebanyak 4 buah.

Itulah hasil klasemen akhir peolehan medali di Asian Games 2018. Dibalik itu adanya beberapa negara yang tidak mendapatkan medali seperti Bangladesh, Sri Lanka, Bhutan, Brunei, Maladewa, Palestina, Timor Leste, Yaman, dan Oman.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *