Cara Memilih Olahraga Sesuai Kepribadian

Olahraga itu sangat baik untuk kesehatan sehingga banyak orang melakukannya. Namun tidak boleh sembarang melakukan olahraga karena berolahraga sebaiknya disesuaikan dengan kepribadian Anda yang akan melakukannya. Bagaimanakah cara memilih olahraga sesuai kepribadian?

Pakar kebugaran, Matt Roberts, berbaik hati nih memberikan tips cara memilih olahraga sesuai kepribadian.

Inilah cara memilih olahraga sesuai kepribadian Anda.

Tipe A : Si Agresif

Anda adalah orang yang suka bersaing, ambisius, tak mau kalah dan mengalah, penuh semangat, tidak sabaran, susah mengekspresikan perasaan, agresif, berterus terang, berpegang teguh pada pendirian, suka ribut hanya karena perselisihan kecil, cenderung menunjukkan kemarahan lewat kata-kata, tidak peka pada orang di sekeliling, suka pegang kendali, memiliki ketergantungan tak sehat pada kekayaan, status atau kekuasaan, tidak takut mengambil risiko, gila kerja, terlalu perhitungan dengan waktu, tidak suka bersantai-santai apalagi menunda-nunda, merasa bersalah kalau sedang bersantai. Namun demikian orang dengan tipe kepribadian A mengandung risiko terkena penyakit jantung yang lebih tinggi. Mereka gampang terkena stres deh.

Baca juga : 7 Jenis Olahraga yang Membuat Tubuh Jadi Langsing

Ciri-ciri

Wajahnya tegang (bibir dan rahang terkatup), lidah berdecak atau gigi menggeretak, lingkaran hitam di bawah mata, wajah berkeringat (di dahi atau di bibir atas), selalu memilih duduk di ujung kursi, sering mengepalkan tangan, suka mengetuk-ngetukkan tangan, acap menggoyang-goyangkan kaki, mengedip-ngedipkan mata dengan cepat, tidak pernah diam tenang, makan dengan ngebut, makan sambil membaca koran atau nonton televisi, suka menyetir sambil memaki-maki pengemudi lain, rentan sakit jantung.

Jenis olahraga terbaik

Lari, renang, olahraga beregu yang melibatkan lebih 2 orang dalam satu tim. Mengapa begitu? Karena bila semakin sedikit jumlah anggota dalam tim, Anda cenderung menjadi lebih agresif.

Tipe B : Pemain Tim

Anda santai, penyabar, kreatif, diplomatis, cinta damai, ramah, menyenangkan, penggembira, optimistis, pembangun tim serta pemain tim. Berbeda dengan tipe A, bagi Anda musuh terbesar bukanlah orang lain melainkan diri Anda sendiri. Anda senang memperbaiki diri sendiri dan sangat bersabar dalam mengusahakannya. Perubahan bukanlah hal yang membuat Anda gentar. Anda jarang marah dan sekalinya marah Anda marah pada persoalan, bukan karena orang tertentu. Tidak masalah bagi Anda kalau ada yang mengkritik Anda. Anda selalu mendukung teman dan jarang menghakimi.

Ciri-ciri

Postur tubuhnya tenang dan santai, bicara dan bergerak dengan perlahan, tidak pernah berkendara dengan terburu-buru, suka pesta dan kumpul-kumpul, senang menjadi pusat perhatian, ingin disukai semua orang, mau mendengarkan orang lain sampai tuntas sebelum berbicara, punya banyak hobi.

Jenis olahraga terbaik

Sepakbola, basket, hoki, dan semua jenis olahraga beregu yang menantang dan merangsang mental. Olahraga mendayung beregu sangat cocok bagi orang dengan tipe kepribadian B. Bagus sekali kalau Anda mengombinasikan olahraga di dalam dan di luar ruangan karena tipe B yang kreatif bisa bosan dengan olahraga itu-itu saja, beda dengan tipe A yang berambisi menyempurnakan keahliannya dalam satu bidang saja.

Baca juga : Tour de France, Olahraga Balap Sepeda Gila-gilan dan Paling Akbar

Tipe C : Suka Menyenangkan Orang

Anda tertutup, penuh penghormatan, rela menyenangkan orang lain, kritis terhadap diri sendiri, perfeksionis, mudah depresi, berpikiran tradisional dan penurut. Anda ingin selalu bertindak benar, mempertimbangkan setiap langkah dengan menyeluruh, akurat, logis, dan mementingkan masa depan. Orang berkepribadian tipe C menyukai sistem dan prosedur yang menghasilkan kondisi mudah ditebak serta konsisten. Dalam setiap kesempatan Anda senang menyendiri dan menyimpan pikiran Anda untuk diri sendiri. Dibanding tipe kepribadian lain, tipe C paling introspektif dan kritis terhadap diri sendiri. Anda cenderung obsesif. Kebanyakan tipe C pemalu dan menarik diri dengan kecenderungan stres yang tinggi.

Ciri-ciri

Terlalu sensi, penyabar, setia, serius, kalau marah tidak banyak omong tetap suka mendiamkan, adil, obyektif, panik kalau rutinitas harian terganggu, cenderung menyembunyikan perasaan, malu kalau diajak bicara masalah yang pribadi/intim, suka mengumpulkan dan menganalisis data, rentan sakit kanker.

Jenis olahraga terbaik

Bergabunglah dengan kelompok olahraga yang beraktivitas di ruang terbuka yang menawarkan kelas percobaan gratis. Dengan demikian Anda bisa memperbaiki ketrampilan bergaul tanpa harus terlibat dalam kontak dua arah sepert tenis atau squash.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *