Mengenal Sejarah Musik Dangdut Lebih Dekat

Dangdut merupakan salah satu genre musik tradisional populer yang berasal dari Indonesia dan berakar pada musik Melayu, Arab, India. Unsur Arab muncul dari para pedagang Gujarat, yang menjadi pengaruh besar pada musik-musik India.

Perjalanan Musik Dangdut

Pada tahun 635 Masehi, sangat banyak saudagar-saudagar Arab yang berdatangan ke Indonesia. Meskipun tujuan awal mereka adalah berdagang, mereka juga menyebarkan agama Islam. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya agama Islam di Indonesia, para saudagar Arab ini memperkenalkan Qasidah.

Pada tahun berikutnya Qasidah ini dikembangkan oleh para saudagar India. Sekitar tahun 1870 musik dangdut masih terus dierami dengan masuknya alat musik gambus yang berasal dari Arab. Pada awal abad ke-20, lagu dengan iringan gambus semakin terkenal di Indonesia, melihat perkembangan musik gambus ini Syech Albar memutuskan untuk membuat orkes gambus yang bermarkas di Surabaya.

Baca Juga : Tips Belanja Online Mudah

Kesuksesan orkes gambus milik Syech Albar ini langsung menembus negara Singapura dan Malaysia pada tahun 1930, selang dari setahun kemudian, musik melayu Deli muncul di Sumatera Utara yang diprakarsai oleh Muhammad Mashabi dan Hussein Bawafie. Pada tahun 1970 dangdut menjadi lebih modern dengan banyaknya alat musik yang masuk ke musik dangdut seperti gitar listrik, perkusi, saksofon, dan organ elektrik. Serta banyak bermunculan jenis genre baru dari dangdut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *