Berikut Makanan Pendamping ASI Yang Sangat Praktis Dan Lezat Untuk Usia 6 – 8 BUlan

1. Bubur pisang susu

Makanan pendamping ASI merupakan makanan pendamping untuk bayi yang berusia dibawah 6 bulan. Walau bagaimanapun pada masa ini bayi tetap harus diberikan asupan utama gizi dari ASI. Setelah bayi berusia diatas 6 bulan baru diperbolehkan untuk memberikan makanan sampingan. Lalu apa saja makanan yang dapat dijadikan sebagai makanan pendamping ASI? Nah untuk itu kali ini akan membahas tentang beberapa makanan pendamping ASI yang sangat praktis dan lezat, sebagai berikut :

  1. Pure Pisang

Adapun bahan yang diperlukan adalah sebuah pisang manis yang berukuran sedang. Cara pembuatannya adalah : keruk pisang dengan bagian punggung sendok. Sedangkan bagian tengah pisang jangan dikerok, karena rasanya sangat pahit serta bisa membuat bayi anda mudah terserang sembelit.

  1. Pure Jagung Manis Dan Bayam

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah sebuah jagung manis berukuran sedang, 15 lembar daun bayam, dan 5 sdm air matang. Adapun cara pembuatannya adalaha sebagai berikut : Pertama cuci jagung manis dan bayam sampai bersih. Lalu rebus jagung manis sampai empuk dan mengeluarkan wangi, kemudian serut. Setelah itu masukan bayam ke dalam air mendidih, lalu masak dengan api kecil kira-kira selama 10 menit. Kemudian campur bayam dengan jagung, dan masukan 5 sdm air matang. Lalu blender sampai halus. Setelah itu saring sampai tidak ada serat-serat kasar yang tersisa.

  1. Pure Buah Pepaya

Tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Disamping rasanya yang manis dan lezat, buah pepaya juga kaya akan kandungan vitamin dan protein yang bagus untuk masa pertumbuhan si mungil. Tentunya, pure buah pepaya ini sangat cocok untuk dijadikan MPASI 8 bulan. Mengenai cara pembuatannya, siapkan beberapa potongan buah pepaya, kemudian keruk dengan menggunakan sendok yang berbahan plastik.

  1. Bubur Kacang Hijau & Wortel

Jenis makanan terakhir yang cocok untuk dijadikan MPASI bagi balita berusia 6 – 8 bulan, yakni kombinasi bubur kacang hijau dan wortel. Siapkan kacang hijau secukupnya, kupas kulitnya, lalu sangrai hingga matang. Rebus wortelnya hingga matang, lalu lumatkan sampai halus. Jika sudah demikian, silahkan campurkan dengan kacang hijaunya sambil diaduk-aduk agar tercampur rata.

Itulah 4 jenis makanan yang cocok untuk dijadikan MPASI bagi balita berusia 6 – 8 bulan. Bagaimana, apakah bunda tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *