Langkah Langkah Untuk Membuat Kopi yang Enak

Hasil gambar untuk mldspot.com kopi

Kopi merupakan minuman yang paling enak untuk disantap ketika nongkrong bersama teman ataupun sendirian. Kopi seringkali dijadikan sebagai minuman penyegar untuk mengurangi rasa kantuk agar dapat menyemangatkan diri untuk bekerja. Kopi yang sering diminum adalah kopi tubruk. Di kantor, di rumah makan, dan acara-acara umum lainnya, kopi tubruk sering disajikan.

Lalu, apa sih rahasianya cara membuat kopi yang enak? Untuk cara membuat kopi yang enak dan  nikmat untuk disantap, ada beberapa hal di bawah ini yang harus anda perhatikan :

  • Air. Dalam menyajikan kopi tubruk, pastikan air yang anda gunakan adalah bersih dan berada pada temperature panas yang tepat. Suhu yang tepat untuk membuat kopi tubruk adalah 90 derajat celcius. Anda bisa mendapatkan suhu optimal tersebut setelah memasak air hingga mendidih dan membiarkannya selama 2 menit.
  • Pemilihan biji kopi yang akan diseduh. Kesegaran dari biji kopi adalah hal yang paling utama. Jangan menggunakan biji kopi yang sudah disangrai dan dibiarkan selama 2 bulan. Ada baiknya jika anda memiliki grinder atau penggiling kopi sendiri agar bisa menggiling biji kopi dengan mudah. Giling biji kopi dengan sangat halus agar sar-sari kopi mudah larut dalam air.
  • Alat untuk menyeduh. Pastikan alat untuk menyeduh kopi bersih. Sederhananya anda hanya memerlukan teko untuk menuang air panas, cangkir yang bersih, dan juga sendok untuk mengaduk.
  • Perbandingan rasio kopi dan air. Bagi anda yang bekerja di kedai kopi, mengetahui rasio perbandingan ini sangatlah penting agar dapat menghasilkan kopi yang nikmat untuk disantap oleh para pelanggan.Perbandingannya adalah 1 : 15. Jika kopi berisi 20 gram, maka air yang dibutuhkan adalah sekitar 300 ml.
  • Waktu untuk menyeduh. Ketika awal menyeduh kopi, alangkah baiknya jika kopi dibasahi dulu selama 30 detik agar gas-gas yang terkandung di kopi dapat dikeluarkan. Selanjutnya kopi tubruk dapat diseduh selama 4 menit. Untuk menghasilkan aroma yang nikmat.

Kelihatannya memang cukup mudah untuk membuat kopi yang enak. Namun, bagi para barista di kedai kopi, tentu harus mengetahui teknik khusus agar dapat menghasilkan kopi yang nikmat untuk disantap.

Nah, bagi Anda penikmat kopi. Agar menjadi lebih hemat ketika ingin mendaptkan kopi yang enak. Adabaiknya Anda membuatnya sendiri dirumah bukan? Dibandingkan Anda harus merogoh uang yang cukup mahal ketika membeli di kedai kedai kopi kan ya? Semoga bermanfaat kawan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.