Deretan 5 Kopi dengan Harga Termahal di Dunia

Siapa sih yang tidak kenal kopi? Minuman favorit masyarakat di berbagai belahan dunia ini cukup laris manis. Lihat saja di Indonesia, gerai-gerai kopi mulai menjamur dimana-mana. Kopi, bisa jadi pilihan paling jitu ketika kita berkunjung ke daerah atau pun negara lain nih. Nggak cuma kuliner atau suvenir saja. Ternyata kopi juga bisa jadi andalan.

Tapi, nggak segampang itu loh. Ada beberapa kopi yang yaa cukup terbilang memiliki harga yang fantastis. Jadi, bagi anak muda yang masih punya uang saku sedikit, perlu sabar sedikit ya, huehe. Seberapa mahal sih kopinya? Yohoo, let’s check this.

  1. Black Ivory Coffee (Rp 14 juta/ kg)

Kopi ini berasal dari Thailand yang diperoleh dari dataran tinggi sekitar 1,524 mdpl. Black Ivory disebut juga kopi gajah loh. Kenapa? Karena kopi ini perlu dikonsumsi gajah dulu, terus keluar melalui kotorannya. Prosesnya mirip kopi luwak gitulah. Proses produksi yang cukup membutuhkan waktu lebih lama dengan hasil yang tidak menentu, menjadi alasan mahalnya kopi ini. Tapi rasanya, endhes. Boleh deh masuk wishing list. Hoho

  1. Kopi Luwak (Rp 3 juta/ kg)

Sepertinya kopi ini nih yang paling familiar di telinga kalian. Ya kan? Ternyata kopi luwak terbilang mahal. Alasannya, selain kopi ini memang berasal dari kotoran musang. Tapi itu hanya prosesnya sih. Kopi yang dikonsumsi musang ini, konon dari cherry kopi-kopi terbaik loh. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mencoba. Nah bagaimana dengan kopi yang sachetnya tertulis kopi luwak tapi harganya seribu rupiah? sudah bisa kamu tebak kan, itu kopi luwak macam apa, sudha pasti kopi luwak palsu.

  1. Kopi Saint Helena (Rp 2,18 juta/kg)

Pulau Saint Helena menjadi tempat muasal kopi ini. Letaknya di daerah Samudra Pasifik. Konon nih, biji-biji kopinya disebar di pulau tersebut oleh Napoleon Bonarparte. Sampai akhirnya, kopi ini jadi kopi khas Pulau Saint Helena, tidak salah kan kalau namanya sama. Wkwk. Proses produksi yang membutuhkan waktu selama 4 bulan, membuat harganya tinggi. Tapi tak apa, cita rasa floral-fruity hints nya membuat pecinta kopi pasti tertarik. Benar?

  1. Kopi Panama Geisha, Hacienda La Esmeralda (Rp 2 juta/kg)

Kopi ini berasal dari dataran tinggi Panama dengan berada di ketinggian sekitar 1000-1500 mdpl. Kopi ini, terbilang mahal, salah satunya karena harga tanah untuk tempat menanamnya. Unik kan? Nah apalagi rasanya, pasti lebih unik. Katanya, rasa kopi ini mirip campuran beberapa varian rasa buah loh. Waah, patut dicoba nih!

  1. Kopi La Cima, Finca El Injerto (Rp 1,4 juta/kg)

Kalau yang ini, kopi dari Guatemala, tepatnya sih wilayah Huehuetenango. Kopi ini ditanam di daerah dengan ketinggian 1,650 mdpl. Rasa dan aroma khas kopi, diduga karena pengaruh lingkungan sekitar perkebunan kopi yang separuhnya merupakan hutan tropis. Bahkan, kopi ini dapat juara dari Excellence loh. Hebat.

Gimana? Bisa bayangin enak dan nikmatnya kopi-kopi itu kan? Buruan di list dan siapkan duit yak hahaa. Kalau tidak kuat beli kopi di atas ya tidak perlu dipaksakan untuk beli. Yang penting yang kamu komsumsi adalah kopi kualitas premium, bukan sekedar kopi yang seenaknya jual merek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *