5 Kandungan Penting dalam Kopi Luwak yang Bisa Menyehatkan Tubuh

Orang yang mengonsumsi kopi luwak secara rutin dipercaya bisa sehat hingga lanjut usia. Hanya saja, keterbatasan ekonomi yang kerap menghalangi konsumsi rutin tersebut. Tapi kalau sedang ada rezeki berlimpah, coba sekali-kali minum kopi luwak.

Apalagi kalau Anda tengah menderita sebuah penyakit. Soalnya di dalam kopi luwak terdapat 5 kandungan ini. Nah, untuk lebih lengkapnya. Simak ulasan di bawah ini secara detail ya!

  1. Zat Besi

Makanan yang mengandung zat besi rata-rata memang berasal dari sayuran. Begitu pula dengan tanaman perkebunan. Termasuk kopi yang sering dikonsumsi oleh luwak. Dengan adanya zat besi ini, oksigen yang mengalir ke tubuh akan semakin lancar. Soalnya zat ini akan aktif membentuk hemoglobin dalam darah merah.

Tanpa adanya zat besi ini, rasanya tidak mungkin tubuh akan begitu kebal ketika penyakit menyerang. Bisa jadi ketika Anda tengah sakit itu disebabkan kadar zat besi dalam tubuh menurun. Berkat hadirnya zat besi ini, suplai oksigen ke otak jadi begitu berlimpah. Alhasil, para konsumen kopi luwak pun jadi semakin cerdas.

  1. Magnesium

Kandungan magnesium selama ini dianggap menjadi faktor penting dalam pembentukan tulang dalam tubuh. Bahkan di dalam tulang yang sehat, paling tidak memiliki kadar magnesium hingga 50%-nya. Soalnya berkat magnesium inilah kadar kalsium dan vitamin D jadi mudah terdistribusi ke semua tulang dalam tubuh.

Rupanya kopi luwak yang kaya dengan magnesium ini tidak hanya bicara tentang tulang saja. Berkat adanya magnesium, jantung pun jadi sehat. Perannya yang paling aktif itu bisa meredakan stres, menekan gejolak emosi, cemas, hingga meniadakan gangguan saraf. Gangguan semacam inilah yang membuat jantung siapa pun ikut terganggu.

  1. Alkaloid

Selama ini, kandungan alkaloid banyak ditemukan lewat tumbuhan. Khususnya di kawasan perkebunan. Salah satunya adalah tanaman kopi. Walaupun kopi luwak merupakan hasil fermentasi kopi di dalam perut luwak, kadar alkaloidnya tidak menurun begitu saja. Justru cenderung tetap dan terjaga.

Bagi tanaman kopi itu sendiri, alkaloid bisa melindungi dirinya dari berbagai macam penyakit. Begitu pula untuk manusia. Kandungan alkaloid ini bisa menjadi penyeimbang ion dalam tubuh. Selain itu, kandungan ini juga bisa membuat Anda tidak mudah terserang kantuk.

  1. Asam Linoleat

Tidak hanya pada tepung maizena atau biji jagung, kandungan asam linoleat juga ada pada kopi luwak. Asam linoleat terkenal memiliki lemak tak jenuh. Lemak jenis inilah yang aman untuk tubuh manusia, sebab bagaimanapun juga, manusia yang sehat tetap butuh lemak. Tanpa lemak, barangkali manusia tidak bisa banyak berbuat dalam kesehariannya.

Anda cukup beruntung kalau mampu mengonsumsi kopi luwak dengan rutin. Berkat kandungan asam linoleat ini, program diet sehat yang Anda jalankan bisa lancar. Sama sekali tidak menimbulkan obesitas macam apa pun. Berbeda dengan makanan yang mengandung lemak jenuh atau trans. Soalnya bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular/gagal jantung.

  1. Mengandung Mineral yang Tinggi

Kalau dipikir-pikir, tubuh manusia itu lemah, ya? Harus dikuatkan dengan berbagai macam kandungan penting dari makanan dan minuman. Salah satu kandungan penting dan tak terpisahkan dalam tubuh manusia adalah mineral. Faktanya, kopi luwak memiliki mineral yang tinggi dan sangat menyehatkan tubuh manusia.

Berkat adanya mineral tinggi tersebut, tubuh jadi seimbang. Pada proses relaksasi, kandungan mineral ini juga berperan sangat aktif. Jadi jangan harap Anda bisa lancar menenangkan diri tanpa adanya mineral yang cukup dalam tubuh. Dengan mineral yang tinggi, maka kulit Anda juga akan terlindungi dari potensi kanker yang disebabkan oleh sinar UV matahari.

Sudah nikmat, kaya manfaat pula. Benar-benar kopi luwak itu bisa dibilang paket lengkap para pecinta kopi di dunia ini. Pantas harganya selangit. Tingginya harga kopi luwak ini tentu sejalan dengan keunggulan yang menyertainya. Kalau suatu hari Anda ditawari kopi luwak asli, tapi memiliki harga yang sangat murah, Anda boleh curiga terhadapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *