5 Daftar Bahan yang Bisa Dibuat Kerajinan dari Barang Bekas

9 DIY Pot Tanaman Gantung dari Barang Bekas, Bisa Pakai Botol Bekas!

Barang bekas yang sering kita jumpai kadang di biarkan begitu saja, padahal barang bekas itu bisa kita manfaatkan menjadi sebuah karya yang memiliki nilai jual tinggi. Kalian bisa membuat barang-barang bekas yang ada di rumah menjadi karya seni yang bisa membuat ruangan rumah kamu lebih berwarna. Kamu bisa menghasilkan karya-karya furniture yang unik. Banyak sekali kerajinan tangan yang di buat dari berbagai macam barang bekas. Nah artikel kali ini akan memberikan beberapa macam bahan yang bisa dibuat kerajinan dari barang bekas, diantaranya adalah

  • Kerajinan dari Botol Bekas

Botol-botol bekas minuman sebagian besar terbuat dari bahan plastic yang bisa menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Plastic merupakan sampah yang susah terurai oleh tana meskipun telah tertimbun ratusan tahun. Oleh sebab itu kita bisa ikut menjaga lingkungan dari pencermasan dengan cara mendaur ulah botol bekas minuman tersebut menjadi kerajinan yang unik, kreatif dan bernilai jual tinggi. Contoh aneka kerajinan tangan yang terbuat dari botol bekas seperti pot-pot tanaman dengan warna-warni dan motif yang lucu dan unik, tempat pensi dan pulpen yang dikreasikan dengan beraneka bentuk hewan yang lucu dan beraneka kerajinan lainnya.

  • Kerajinan dari Kain Perca

Kain perca juga bisa di jadikan bahan untuk membuat kerajinan loh, namun tidak setiap orang memilikinya. Bahan sederhana ini sering kali di buang. Kalian bisa kunjungi pabrik garmen atau penjahit untuk meminta sisa bahannya. Kerajinan tangan dari kain perca ini sangat mudah untuk di buatnya juga loh. Berbagai macam kreasi imajinasi kalian bisa di salurkan dengan menggunakan kain perca ini, kain perca ini bisa kalian manfaatkan untuk menjadi gorden keren dan modus. Namun jika ingin mendapatkan hasil yang bagus, kalian harus pinter-pinter untuk mengkombinasikan warna dan bentuk potongan kain tersebbut. Jika hasilnya keren pasti ada nilai jual harganya.

  • Kerajinan dari Compact Disc (CD) Bekas

Compact Disc yang sudah tidak di gunakan dari pada di buat ke tempat sampah sebaiknya di manfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik, dan mempunyai nilai yang jual tinggi. Dengan bentuknya yang bulat compact disc (CD) bisa di kreasikan menjadi sebuah jam dinding, hiasan dinding dan motif yang lucu-lucu dan aneka bentuk lainnya.

  • Kerajinan dari Kardus Bekas

Barang satu ini juga pasti selalu di jumpai di semua rumah. Biasanya kardus langsung jadi penghuni gudang, karena memang jika tidak di simpen di gudang anak membuat rumah terlihat berantakan. Nah oleh sebab itu, dari pada menumpuk di gudang kalian bisa menggunakan kardus bekas tersebut untuk menjadi bahan kerajinan yang unik dan keren. Banyak bentuk kerajinan tangan yang bisa di manfaatkan dari kardus bekas seperti tutup lampu hias, rumah mini untuk boneka kesayangan, aneka topeng super hero dan akesorisnya.

  • Kerajinan dari Koran Bekas

Koran juga merupakan barang bekas yang jumlahnya sangat melimpah. Banyak orang yang akhirnya menjual kembali koran-koran bekas tersebbutt dengan harga yang jauh lebih murah. Kemudian, barang bekas koran tersebbut akan di olah kembali menjadi barang baru. Kerajinan dari kertas, khususnya koran, banak di jumpai di mana saja. Hal ini karena kerta mudah di daur ulang dan teknik pembuatan kerajinan inipun tidak terlalu sulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.