Yuk Kenali Penyebab Serta Gejala Penyakit Disentri


Meskipun sebenarnya penyakit disentri dengan diare merupakan dua jenis penyakit yang berbeda, akan tetapi banyak orang yang menganggapnya sebagai penyakit yang sama. Hal ini dikarenakan gejala yang muncul memang hampir sama. Penanganan penyakit disentri yang telat dapat berakibat fatal bagi seorang yang menderitanya. Oleh sebab itu, pengetahuan serta pemahaman terkait dengan penyakit disentri sangatlah diperlukan, terlebih lagi mengenai gejala, penyebab, pencegahan serta penanganannya.

Gejala umum penyakit disentri

Secara umum, penyakit disentri yang banyak diderita oleh orang-orang disebabkan oleh bakteri. Penyakit disentri sendiri dapat menyerang siapa saja, namun yang paling rentan adalah anak-anak dan juga lansia. Sedangkan untuk mengenali seseorang terserang penyakit disentri, kita bisa melihatnya dari gejala yang mulai muncul, seperti :

  • Terjadinya diare yang mengandung lendir serta bercak darah merah.
  • Diare yang terjadi diikuti dengan rasa kram dan juga nyeri pada perut.
  • Tidak jarang, seseorang yang terkena penyakit disentri akan menunjukkan gejala berupa mual dan deman.

Ketika anda mendapatkan adanya gejala seperti diatas, maka segeralah melakukan penanganan. Sebab jika telat dalam penanganan, bisa menimbulkan munculnya penyakit komplikasi. Seseorang yang sudah dikategorikan cukup parah menderita disentri dapat terserang penyakit lain seperti dehidrasi, memicu timbulnya abses hati dan penyakit pencernaan lainnya.

Mencegah terjadinya penyakit disentri

Tindakan mencegah merupakan yang lebih baik dibandingkan mengobati. Oleh sebab itu, supaya anda terhindar dari berbagai kemungkinan terjadinya penyakit disentri. Maka anda bisa mencegahnya dengan melakukan hal-hal mendasar seperti berikut ini.

  1. Jagalah kebersihan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi

Makanan dan minuman merupakan faktor yang cukup sering membawa berbagai macam kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, anda harus memastikan bahwa makanan dan minuman yang akan anda konsumsi telah dibuat dengan cara yang baik serta terbuat dari bahan yang aman. Ketika membuat makanan dan minuman, pastikan semuanya higienis. Cucilah tangan anda menggunakan sabun lifebuoy sebelum memegan berbagai macam bahan yang akan anda masak nantinya.

  1. Selalu jaga kebersihan tubuh

Menjaga kebersihan tubuh merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh semua orang untuk menghindari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman. Biasakanlah untuk menjaga kebersihan diri dengan mandi min 2-3 kali dalam sehari dan cucilah tangan anda sebelum menyantap makanan. Pastikan anda menggunakan sabun yang memiliki antiseptic dan antibakteri seperti sabun lifebuoy. Penggunaan sabun lifebuoy mampu membunuh kuman serta bakteri penyebab disentri.

Mungkin hanya itu saja beberapa informasi mengenai gejala penyakit disenteri serta cara mencegahnya. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *