Tips Mengatasi Demam Pada Anak

Di jaman yang sudah tak lagi aman dari pemanasan global membuat para orang tua harus memperhatikan kesehatan anak karena anak lebih gampang terena penyakit terutama yang disebabkan oleh adanya pemanasan global. Matahari yang semakin menyengat dan polusi udara yang semakin banyak membuat penyakit semakin meluas apalagi bagi sistem imun anak. Penyakit seperti demamĀ  adalah salah satu penyakit yang sering menimpa anak-anak tertuma di musim pancaroba ini. Maka dari itu kita sebagai orang tua harus hati-hati dan selalu menjaga kesehatan anak kita sebisa mungkin dan banyak mengonsumsi vitamin seperti buah dan sayur. Namun jika demam tetap saja melanda anak kita maka sebisa mungkin kita jangan panik dan segera mencari cara bagaimana demam agar cepat turun. Seperti tips mengatasi demam pada anak berikut ini:

  1. Kompres Anak Anda Dengan Air Hangat

Cara pertama yang bisa anda lakukan jika anak anda terkena demam adalah dengan mengompresnya dengan air hangat. Hal ini dapat anda lakukan sebagai pertolongan pertama jika anak anda terkena demam. Anda bisa menggunakan handuk kecil kemudian dimasukkan ke dalam air hangat lalu peras. Kemudian and abisa langsung menaruh handuk diatas kening anak anda. Lakukan hal ini berulang jika sekiranya handuk sudah mulai tidak berair. Menggunakan air hangat dipercaya lebih ampuh menurunkan demam karena akan membuat anak anda akan cepat berkeringan ketimbang menggunakan air dingin.

  1. Berikan Obat Penurun Demam

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan jika anak anda terkenan demam adalah dengna memberinya obat penurun demam. Anda tak perlu khawatir untuk pertolongan pertama cara ini bisa anda lakukan dengan membeli obat penurun demam di took atau apotik terdekat. Sekarang aplagi sudah banyak tersedia obat penurun demam bagi anak dengan varian rasa seperti jeruk atau strawberi. Kemudian anda juga tak akan kebingungan jika anak anda tak bisa meminum obat karena obat penurun demam anak tersedia dalam bentuk sirup atau tablet yang bisa dikunyah.

Beberapa saran tadi bisa anda lakukan dalam mengatasi demam pada anak anda untuk langkah awal. Kemudian anda juga jangan lupa untuk selalu mengecek suhu tubuh anak anda dengan thermometer. Karena jika anda terus mengeceknya, anda akan tahu berapa suhu tubuh anank anda. Jika terus meninggi dan tidak menurun maka anda harus segera membawa anak anda ke dokter agar anak anda tidak semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *