Manfaat Mengkonsumsi Susu Secara Rutin Bagi Balita

Apakah manfaat susu balita yang dikonsumsi secara rutin? Sebelum mempelajari hal tersebut, perlu dikatahui beberapa informasi penting tentang masa balita. Masa balita adalah salah satu momen paling penting dalam kehidupan. Saat balita, anak memiliki jaringan otak yang lebih kompleks daripada orang dewasa. Hal ini akan memungkinkan ia belajar lebih banyak dan menyerap informasi secara maksimal dalam hidupnya. Karena alasan inilah masa balita disebut golden age.

Selain pembentukan kemampuan kognitif, secara psikologis karakter anak juga ditentukan di 6 tahun pertama hidupnya. Berarti masa balita sangat berperan penting dalam pembentukan karakter anak. Oleh karena itu, anak balita perlu asupan nutrisi yang seimbang. Salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi balita adalah dengan mengkonsumsi susu.

Saat ini, ada susu khusus yang dibuat oleh produsen dengan formula yang dibutuhkan oleh balita. Manfaat susu balita ini adalah kandungannya lebih sesuai dengan kebutuhan gizi rata – rata balita di Indonesia. Jadi, tentunya akan berbeda jika seorang anak mengkonsumsi susu formula yang tidak khusus. Kandungannya bisa berbeda dan ada kemungkinan juga terjadi alergi atau gejala lainnya.

Susu balita memang memiliki kandungan yang khusus. Tetapi orangtua juga harus selektif dalam memilihnya. Lantas, apa jenis susu balita yang paling baik untuk anak? Susu balita paling efektif dalam pembentukan otak serta tubuhnya secara keseluruhan adalah yang mengandung DHA dan omega 3. Kedua kandungan ini sangat penting bagi perkembangan otak sehingga selain dilatih melalui pendidikan anak, balita juga mendapatkan kelengkapan nutrisi.

Semakin banyak kandungan nutrisi yang kompleks, kebutuhan gizi balita akan lebih tercukupi lagi. Selain itu jika balita secara rutin meminum susu, maka kekebalan tubuhnya juga lebih terjaga dibanding dengan yang jarang minum susu. Ada beberapa masalah yang sering dialami para balita seperti kurang nafsu makan. Hal ini bisa dicover dengan keberadaan susu.

Meskipun manfaat susu balita sangat banyak, tetapi keberadaan manakan lain yang memenuhi kebutuhan gizi secara seimbang tidak bisa digantikan. Susu hanya menjadi penyempurna saja, tidak bisa dijadikan makanan utama karena balita sudah tidak sama dengan bayi. Oleh karena itu orangtua tetap harus memberikan kebutuhan makanan secara seimbang.

Dengan demikian, tentu Andapun harus memberikan susu setiap hari untuk kebutuhan Anak tercinta. Pasalnya, selain memberikan berbagai banyak manfaat. Juga ternyata susu dapat meningkatkan selera makan anak loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *