Haemorrhoid (Ambeien), dari Macam hingga Cara Mengobati Haemorrhoid

Apa yang dimaksud dengan haemorrhoid (ambeien/wasir)? Haemorrhoid merupakan pelebaran pembuluh darah balik (vena) yang berada di sekitar anus/dubur. Bagaimana cara mengobati haemorrhoid?

Terdapat dua macam haemorrhoid, yaitu:

  • Interna. Merupakan pelebaran pembuluh darah balik haemorrhoid superior yang terletak di dalam anus/dubur. Secara umum jenis ini tidak menyebabkan nyeri, hanya seringkali ditandai perdarahan ketika buang air besar.
  • Externa. Nama lain jenis ini adalah perianal haematoma. Merupakan pelebaran pembuluh darah balik haemorrhoid inferior yang terletak di sekitar anus. Jenis ini disertai nyeri di sekitar anus dan terkadang menimbulkan benjolan kecil di sekitar anus.

Sering kali pasien mengeluhkan adanya perdarahan ketika buang air besar yang keras, terabanya benjolan sehingga menimbulkan rasa tak nyaman di sekitar anus (gatal dan bengkak). Terkadang, disertai keluarnya lendir bercampur dengan kotoran pada pakaian dalam.

Baca juga : 6 Penyakit Gigi dan Mulut Pada Anak Ini Wajib Dikenali

Haemorrhoid dapat terjadi karena adanya peningkatan tekanan dalam pembuluh darah balik di sekitar rectum. Hal itu bisa disebabkan oleh konstipasi, diare kronik, kehamilan dan persalinan, kegemukan, pasien yang mengalami gangguan buang air besar, adanya riwayat haemorrhoid di keluarga, serta pekerja atau atlet yang seringkali membawa beban berat.

Diagnosis haemorrhoid externa dapat secara langsung ditegakkan oleh dokter setelah melihat area di sekitar anus, sedangkan haemorrhoid interna diperlukan pemeriksaan colok dubur. Terkadang, untuk memastikan adanya haemorrhoid, seorang dokter memerlukan alat anusmpe/proctosigmoidoscope yang dimasukkan ke anus.

Secara umum pencegahan haemorrhoid adalah membuat kotoran menjadi tidak keras sehingga kotoran dapat dikeluarkan dengan mudah tanpa meningkatkan tekanan di sekitar rectum. Makanan yang hanyak mengandung serat dan banyak minum air putih sangat membantu pencegahan haemorrhoid tersebut. Apabila haemorrhoid tersebut terasa sangat mengganggu, saat ini sudah tersedia banyak cara mengobati haemorrhoid.

Baca juga : 7 Langkah Mengatasi Bau Mulut Dalam 2 Menit

Cara Mengobati Haemorrhoid

Apabila gejala haemorrhoid yang dirasakan ringan, dokter dapat memberikan krim atau suppostoria yang dimasukan ke anus. Akan tetapi, apabila gejala yang ditimbulkan terasa mengganggu dan hilang timbul, dokter dapat merekomendasikan beberapa tindakan.

Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat dilakukan.

  • Sclerotherapy. Tindakan ini sangat efektif untuk haemorhoid interna yang berukuran kecil, dokter menyuntikan sejumlah cairan kimia pada daerah yang dituju dengan harapan daerah tersebut menjadi radang dan akhirnya mengecil.
  • Rubber Band Ligation Haemorrhoid yang berukuran cukup besar dapat ditangani dengan cara ligasi (ikatan) karet gelang yang berukuran kecil. Cara ini bertujuan menghentikan suplai darah pada daerah yang dituju dengan harapan daerah tersebut menjadi mati. Karet gelang dan daerah yang mati akan keluar dengan sendirinya bersama kotoran dalam beberapa hari ke depan. Pada tindakan pertama biasanya hanya diikat satu kompleks haemorrhoid bila diperlukan tindakan pengikatan lanjutan, akan dilakukan dengan jarak dua hingga empat minggu ke depan.
  • Operasi (Haemorrhoidectomy dan Stapled Haemorrhoidectomy).

Dapatkah haemorrhoid timbul kembali? Dapat. Sehingga sangat diharapkan Anda memilki pola makan sehat yang kaya akan serat disertai minum yang cukup sehingga dapat membantu konsistensi kotoran tetap lunak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *