Cara Mencegah Flu Secara Alami

Bulan Agustus selain dikenal sebagai bulan kemerdekaan juga dikenal sebagai bulan rawan penyakit. Peralihan musim dari musim kemarau ke musim penghujan membuat cuaca dan udara di bulan ini berubah dengan cepat dan tak menentu. Anomali cuaca inilah yang membuat berbagai macam virus dan kuman mudah berkembang dan menyebar sebagai penyakit. Salah satu penyakit yang sering muncul di saat musim yang tidak menentu ini adalah flu. meskipun kelihatannya ringan, flu dapat menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh dan membuat manusia rentan terserang berbagai penyakit yang lebih berbahaya.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara mencegah flu secara alami yang bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari,

  1. Hindari stres. Terlalu banyak pikiran dan beban dalam hidup akan menyebabkan tubuh kita kurang bersemangat. Keadaan ini juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh yang membuat kita mudah terserang flu. Agar kita tidak terserang flu, mulailah berpikir positif dan beristirahat yang cukup. Hindari memikirkan hal yang akan membuat kita kehilangan energi dan stamina.
  2. Makan makanan sehat. Selalu mengonsumsi makanan yang bernutrisi merupakan salah satu cara mencegah flu yang paling efektif. Makanlah makanan yang mengandung nilai vitamin dan gizi yang dibutuhkan tubuh. Jika vitamin dan gizi kita terpenuhi, maka secara otomatis sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga kita bisa terhindar dari berbagai penyakit termasuk flu.
  3. Olahraga teratur. “Mensana in corporesano,” dari tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Semboyan ini menunjukkan betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh. Selain dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan stamina. Rajin berolahraga akan membuat segala macam penyakit enggan bersarang di tubuh kita.
  4. Rajin mencuci tangan. Virus dan kuman merupakan penyebab munculnya berbagai penyakit dalam tubuh, termasuk flu. Untuk mencegah flu menyerang tubuh, biasakan mencuci tangan dengan sabun atau cairan disinfektan setelah bepergian atau menyentuh benda-benda yang kotor.
  5. Berhenti merokok. Merokok selain memberikan dampak buruk bagi kesehatan perokok aktif juga memiliki efek negatif terhadap perokok pasif. Asap rokok dapat membuat bulu-bulu halus pada hidung mengering dan rusak. Padahal salah satu fungsi bulu hidung adalah menyaring berbagai udara yang masuk ke hidung. Jika bulu-bulu tersebut tidak berfungsi secara maksimal, maka berbagai macam virus termasuk flu akan mudah menyerang manusia.

            Bagaimanapun lebih baik mencegah daripada mengobati. Selagi bisa mulai terapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari agar kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Semoga tips tentang cara mencegah flu secara alami di atas bermanfaat dan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *