Beragam Manfaat Herbal Jahe Merah

Jahe merah atau jenis Zingiber ofcinale Lin. Var. Robrum, pada jahe merah ini memiliki kandungan kimia alami yang banyak sekali manfaat serta fungsinya bagi kesehatan. Seperti merangsang keluarnya keringat, sebagai anestetik, perangsang aktifitas saraf pusat, mengecilkan perut, menghangatkan badan, obat demam dan lain sebagainya. Jahe merah juga banyak kita temukn di setiap daerah, jadi tidak sulit juga jika kita membutuhakn rempah yang satu ini. Khasiat jahe merah memang banyak sekali, selain bisa untuk dijadikan bahan minuman, kosmetik, serta ramuan tradisional lainnya yang memang sanagt ampuh dan berkhasiat untuk kesehatan. Yang kita kenal selama ini adalah jahe yang sering dijadikan untuk bumbu masakan, namun jahe merah biasanya dijadikan sebagai obat herbal. Jadi herbal jahe merah yang berukuran kecil dengan kulitnya yang berwarna merah juga yang berguna sebagai obat radang tenggorokan serta menyimpan serat lebih banya jika dibandingkan dengan jahe biasa.

Untuk penggunaannya sebagai obat, jahe merah sering juga dikombinasikan dengan tanamn herbal lainnya, seperti bawang putih, madu, kunyit, lemon dan sebagainya. Jahe merah memiliki manfaat yang cukup besar jika dibandingkan dengan jahe biasa, khasiat jahe merah itu sendiri yaitu untuk menjaga kondisi jantung agar lebih sehat, kandungan pada jaeh memiliki peran sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh. Jahe merah dapat menurunkan berat badan, jahe memiliki sedikit kalori dan berfungsu untuk melebarkan pembuluh darah serta menjadkannya sebagai panas tubuh, lemak dalam perut pun akan terkuras. Mencegah kanker usus, mengonsumsi atau makan makanan yang berbahan dasar jahe dapat menceah terajdna penyakit kanker koloteral atau usus besar. Mengatasi morning sickness atau mual di pagi hari yang terjadi pada ibu hamil karena sistem pencernaannya terganggu, jika merasakan mual seperti itu, minum ewdang jahe setiap kali Anda mual. Dan masih banyak lagi khasiat dari jahe merah untuk kesehatan.

Maka dari itu, memanfaatkan herbal jahe merah sebagai pengobatan jauh lebih baik dibandingkan menggunakan obat-obatan kimia. Namun, penggunaan obat herbal juga harus dengan dosis yang cukup. Biasanya herbal jahe merah disediakan di toko alat kesehatan Jakarta yang banyak menyediakan obat mata katarak atau obat asma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *