Beberapa Penyebab Bayi Lahir Prematur

Kelahiran yang sehat pastilah dambaan setiap calon ibu seperti bayi lahir tepat waktu dan juga lahir dalam keadaan normal. Tetapi tak semua bayi lahir dengan keadaan yang normal dan sehat. Hal ini tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Seperti halnya jika bayi yang lahir prematur. Bayi prematur lahir sebelum waktunya, biasanya bayi yang lahir prematur dalam usia 7 bulan yang sebenarnya belum waktu yang pas bagi bayi untuk lahir. Bayi yang lahir prematur pastilah akan mengalami beberapa hal yang cukup membuat para orang tua khawatir karena bayi yang lahir premature biasanya terganggu perkembangan dan pertumbuhanya. Maka dari itu banyak bayi yang lahir premature harus berada di ruangan incubator terlebih dahulu. Untuk megetahui apa penyebab bayi lahir prematur, berikut beberapa pemaparannya.

  1. Gaya Hidup Yang Tak Sehat

Hal yang pertama penyebab bayi lahir prematur adalah gaya hidup ibu hamil yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat seperti meminum minuman yang mengandung alkohol, atau pun merokok menjadi hal penyebab utama bayi lahir prematur. Kemudian bayi yang lahir premature juga disebabkan gaya tidak sehat ibunya yang sering memakan makanan junkfood. Jeleknya kandungan gizi yang terdapat pada jubkfood membuat anda para ibu hamil bisa sangat berbahaya terutama untuk janin yang anda kandung. Maka dari itu ada baiknya anda mengonsumsi makanan yang sehat seperti makanan yang banyak mengandung protein dan juga mengonsumsi sayuran hijau.

  1. Adanya Penyakit Pada Ibu Hamil

Hal lain yang juga bisa menyebabkan bayi lahir prematur adalah adanya penyakit pada ibu hamil. Penyakit  seperti infeksi saluran kemih atau penyakit kurang darah adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Maka dari itu ibu hamil harus banyak mengonsumsi air putih dan sayuran hijau yang banyak mnegandung zat besi seperti bayam hijau. Penyakit lainnya yang juga bisa menyebabkan bayi lahir prematur adalah adanya penyakit diabetes pada ibu hamil. Untuk itu ibu hamil jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Karena jika ibu hamil juga banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan bayi lahir dalam keadaan obesitas yang juga bisa membahayakan ibu dan bayi. Untuk menghindari penyakit tersebut maka ada baiknya ibu hamil mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Lengkap nasi, lauk dan sayur mayor serta buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *