Atur Pola Tidur Saat Hamil dengan Memperhatikan Beberapa Tips Berikut


Para Ibu hamil perlu lebih peduli terhadap tubuhnya selama masa kehamilan. Disamping harus menjaga nutrisi dengan mengonsumsi  makanan yang bernutrisi dan memperhatikan nutrisi Multivitamin sejak awal kehamilan, sang ibu juga harus sanggup membawa serta janin yang ada didalam kandungannya kemanapun ia berada. Bukan hanya bobot sang janin, sang ibu juga harus menahan perubahan hormon dan kondisi fisiknya yang tidak sekuat sebelum hamil.

Salah satu hal yang seringkali dikeluhkan oleh para ibu hamil adalah kesulitan untuk tidur. Kondisi perut yang semakin besar diiringi juga oleh hormon yang membuat sang ibu lebih sulit tidur. Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh sang ibu untuk menyiasati kondisi susah tidur yang dialaminya. Berikut ini beberapa caranya :

Jangan makan sebelum tidur

Saat hamil, seorang calon ibu biasanya akan merasa lebih lapar dibanding sebelum hamil. Hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat nutrisi yang dikonsumsi oleh sang ibu akan diserap pula oleh sang janin. Sehingga, sang ibu membutuhkan nutrisi lebih agar dapat berbagi dengan bayinya.

Tapi, nafsu makan yang lebih tinggi bukan berarti ibu hamil boleh makan dalam porsi yang besar atau makan pada jam-jam yang tidak teratur seperti sebelum tidur. Sebab, makan sebelum tidur bisa membuat sang calon ibu kesulitan untuk tidur nyenyak. Ini dikarenakan makan dan minum sebelum tidur bisa menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan atau refluks yang berujung pada mulas.Terlebih kondisi janin yang semakin besar akan mempersulit sang ibu untuk memilih posisi tidur yang tepat. Jadi, agar bisa tidur nyaman, sebaiknya hindari konsumsi makanan sebelum tidur ya.

Buat tempat tidur senyaman mungkin

Untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman, seorang ibu hamil tidak hanya perlu mengatur posisi tidur yang tepat. Kondisi tempat tidur juga perlu dibuat senyaman mungkin agar sang ibu bisa mendapatkan posisi tidur yang nyaman dan mendukung kondisinya. Hal ini, tentu sangat subjektif mengingat setiap orang memiliki preferensi tempat tidur tersendiri yang nyaman.

Dalam menciptakan tempat tidur yang nyaman, Anda bisa mencobanya dengan menentukan besaran bantal yang dirasa tepat. Selain itu, keempukan Kasur juga perlu dipertimbangkan sesuai dengan keinginan dan membuat sang ibu bisa merasa nyaman. Saat punggung terasa sakit setelah tidur, mungkin Anda bisa mencoba menambahkan matras agar Kasur jadi semakin empuk dan nyaman untuk ditiduri.

Dua cara diatas bisa Anda praktikkan untuk mendapatkan posisi paling nyaman saat tidur. Selain itu, lengkapi juga pengetahuan Anda seputar dunia kesehatan dengan rutin membaca info kesehatan terkini. Selain itu, persiapkan juga obat dengan mengikuti program promo obat muntah anak di goapotik untuk berjaga-jaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.