Fakta dan Hoax Asam Fosfat Dalam Minuman Soda

Asam fosfat atau phosphoric acid adalah salah satu zat aditif (zat makanan tambahan) yang ditambahkan pada beberapa produk makanan dan minuman, terutama produk minuman soda sebagai pengatur keasaman dan penguat rasa.

Selain sebagai penguat rasa dan pengatur keasaman, asam fosfat juga berguna sebagai bakteri dan fungal statik, yakni substansi yang dapat memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun cendawan pada produk makanan atau minuman yang umumnya memiliki jumlah gula sangat banyak.

Asam fosfat dituding oleh beberapa pihak sebagai substansi yang berbahaya bagi kesehatan sehingga sering dijadikan alasan untuk memberi sugesti bagi masyarakat akan bahaya minuman soda.

Tudingan itu bisa benar dan salah.

Dampak Asam Fosfat Soda Pada Tulang

Asam fosfat, dalam beberapa penelitian memang terbukti menyebabkan tulang keropos. Setidaknya berdasarkan laporan sekelompok peneliti pada jurnal ilmiah yang mereka terbitkan di Archives of Pediatric and Adolescent Medicine. 

Dalam jurnal tersebut, seperti yang dilansir oleh http://www.livestrong.com/ para atlet remaja wanita yang diberi soda dengan kandungan asam fosfat, resiko terjadinya patah tulang naik menjadi 5 kali lebih besar dari pada atlet yang tidak meminum soda.

Pada tahun 2001 lalu, kelompok ilmuwan lain mereport penemuan mereka dengan kajian yang sama dan menemukan hal yang berbalik dengan hasil diatas. Penemuan yang diterbitkan pada jurnal “American Journal of Clinical Nutrition,” tersebut menemukan bahwa minuman berkarbonasi dengan asam fosfat tidak terkait dengan proses pelarutan kalsium dari tulang yang mengakibatkan organ tersebut menjadi keropos.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *