4 Hal Penting Setelah Menjalani Persalinan

Memiliki bayi pasti merupakan sesuatu yang sudah ditunggu sejak lama oleh pasangan suami istri. Setelah menunggu 9 bulan atau mungkin lebih, kehadiran bayi di tengah keluarga membuat kebahagiaan menjadi sempurna. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam merawat bayi baru lahir? Berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui ketika telah mendekati tanda tanda persalinan normal. Hal tersebut agar, Anda bias menjadi ibu yang baik untuk sang buah hati tercinta. Berikut ulasannya:

  • Beri Makanan Hanya ASI Saja

Masa 6 bulan pertama pasca kelahiran adalah waktu – waktu rentan. Banyak bayi meninggal di usia tersebut karena salah makan. Yang dimaksud salah makan di sini diakibatkan oleh tidak sadarnya orangtua atau pengasuh dalam memberikan ASI eksklusif. ASI merupakan satu – satunya makanan yang bisa dicerna oleh lambung dan usus bayi di usia 0 – 6 bulan. Jika terpaksa harus meminum susu formula karena beberapa hal, maka hal ini harus dikonsultasikan dengan dokter ahli.

  • Gendonglah dengan Tepat

Cara merawat bayi yang tepat adalah dengan menggendongnya secara benar. Pastikan bagian leher bayi ditopang oleh salah satu lengan. Hal ini akan membuat keadaan lehernya tidak sampai patah. Bagian leher yang mudah bergerak pada bayi memang harus dijaga karena masih terdiri dari tulang rawan. Oleh karena itu, hindari menggendong dengan memberdirikannya, atau memegang pada punggung. Leher adalah bagian utama yang harus tertopang meskipun sedang mandi.

  • Jangan Mengguncang Bayi

Saat menggendong bayi, kadang ada beberapa orang yang mengguncangnya terlalu keras. Hal ini akan dapat membuat otak bayi berguncang. Guncangan pada otak bayi sangat berbahaya karena tulang tengkoraknya belum tertutup sempurna. Banyak terjadi kecelakaan akibat salah mengajak bayi bermain. Hal ini sebaiknya dihindari karena kondisi fisik mereka masih belum seimbang.

  • Hindarkan Mata Bayi dari Layar Gadget

Layar gadget memancarkan sinar tersendiri yang menyebabkan radiasi. Gadget jenis apapun akan bisa membuat mata bayi yang belum bisa melihat secara sempurna terganggu. Jangan sampai bayi mengalami kelainan akibat terlalu banyak radiasi layar gadget saat masih belum saatnya. Cara merawat bayi yang benar adalah berikan suasana latar belakang yang hijau alami untuk dilihat bayi seperti pemandangan, tanaman, ikan di akuarium, dan sebagainya supaya mata lebih segar.

Demikianlah beberapa hal yang penting harus Anda ketahui agar setelah melahirkan, Anda bisa merawatnya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *