Jangan Salah Merawat Luka Pada Kulit Anak, Inilah Cara Tepatnya!

Bermain pada usia anak-anak merupakan salah satu yang sangat menyenangkan sekali, baik itu dilakukan didalam rumah ataupun diluar rumah. Bermain bukan hanya sekedar bisa tertawa bahagia tetapi banyak permainan aneh yang mereka lakukan layaknya orang dewasa seperti menggunakan pisau masak-masakan, memanjat pohon, berlari-lari dan kebiasaan lainnya. Sebenarnya itu wajar saja, tetapi yang sangat dikhawatirkan oleh para orang tua adalah ketika melihat anaknya terluka akibat kecerobohan dalam bermain tersebut.

Melarang anak untuk bermain merupakan salah satu kesalahan orang tua yang bisa mengganggu kejiwaan anak. Makanya dari itu, tetap biarkan anak untuk bermain dengan temannya jika mengalami kecerobohan dan mengakibatkan luka bisa langsung diatasi. Untuk merawat luka lecet yang tepat pada anak harus dipahami oleh setiap orang tua secara baik. Nah, berikut ini cara yang bisa Anda tiru untuk perawatan luka yaitu:

  • Buat anak tenang.

Menangis mengalami luka pada bagian kulit merupakan salah satu hal yang sangat umum sekali dialami oleh anak-anak. Tangisan itu sendiri merupakan kombinasi antara rasa sakit yang dirasakan, rasa takut dan lainnya. Makanya tenangkan terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan yang selanjutnya.

  • Bersihkan luka.

Setelah anak mulai tenang, saatnya Anda membersihkan lukanya dari berbagai kotoran yang mungkin menempel. Tetapi sebelumnya Anda harus membersihkan tangan terlebih dahulu dengan mencucinya.

  • Gunakan antiseptic.

Setelah dibersihkan jangan biarkan luka terbuka karena itu bisa menyebabkan masalah selanjutnya pada luka. Sedikit rasa perih yang dirasakan oleh anak harus dikurangi dengan segera memperban bagian luka. Gunakan plester perekat luka untuk membantu melindungi luka sehingga tidak kotor.

Nah, setelah Anda menerapkan pertolongan pertama diatas selanjutnya perhatikan luka tersebut apakah muncul infeksi atau tidak. Umumnya infeksi ditandai dengan beberapa hal seperti terjadinya pembengkakan, nanah, rasa sakit berlebih, kurang sehat sampai dengan demam yang tinggi. Jika sudah muncul tanda seperti itu Anda bisa langsung konsultasikan kepada dokter yang lebih ahli. Semoga sedikit info diatas bisa membantu Anda ketika merawat luka yang terjadi pada buah hati kesayangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *