Cara Rasulullah SAW Dalam Mendidik Anak Perempuan

Hasil gambar untuk popmama.com kerudung

Sebagai umat Islam, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan sosok yang bernama Nabi Muhammad SAW. Ya, beliau merupakan salah satu Nabi utusan Allah SWT, yang memiliki sifat teladan dan penyabar. Dengan demikian, maka tak heran jika beliau selalu menjadi panutan bagi umat muslim diseluruh dunia. Berbicara soal parenting guide, tentu saja memiliki perbedaan antara mendidik anak laki-laki dengan anak perempuan. Nah, bagi para orang tua yang belum tahu tentang cara mendidik anak perempuan, berikut dibawah ini ada beberapa cara yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dalam mendidik anak perempuannya :

  1. Selalu Mengajarkan Ilmu Tauhid

Mengajarkan ilmu tauhid kepada anak sejak dini merupakan sebuah kewajiban bagi orang tua. Seperti yang sudah dijabarkan pada sabda Rasulullah SAW, Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Lailaha-illaallah. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, Lailah-illallah, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.

  1. Selalu Mengajarkan Doa-doa Harian

Kehidupan umat manusia memang tidak bisa lepas dari doa-doa. Begitupun yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, yang selalu mengajarkan doa harian kepada anak perempuannya seperti doa bercermin, doa sebelum makan, doa sesudah makan, doa sebelum tidur, doa bangun tidur, doa doa masuk rumah, doa keluar rumah, masuk wc, doa keluar wc, dan sebagainya. Selain itu, beliau juga selalu mengajarkan untuk mengucap Bismillah sebelum beraktivitas, dan mengucap Alhamdulillah setelah selesai beraktivitas, serta mengucapkan Insya Allah jika membuat janji dengan seseorang.

  1. Selalu Mengajarkan Ilmu Agama

Sama halnya dengn ilmu tauhid, ilmu agama juga wajib ditanamkan pada anak sejak usia dini. Ajarkanlah si mungil tentang ilmu agama seperti sholat, shaum (puasa), mengaji, dan sebagainya. Rasulullah pernah bersabda, Perintahlah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukulilah mereka jika enggan melakukannya pada usia sepuluh tahun, dan pisahkanlah dari tempat tidur mereka.

  1. Selalu Memberikan Contoh-contoh Yang Baik

Sudah menjadi kewajiban bagi Rasulullah SAW untuk selalu memberikan contoh yang baik kepada umat dan keluarganya. Beliau selalu mendidik anak perempuannya dengan mengajarkan cara pergaulan yang beradab baik, belajar untuk menutup aurat, belajar mengaji, dan masih banyak lagi conto kebaikan yang diajarkan Rasulullah kepada putrinya.

Itulah beberapa cara Rasulullah SAW dalam mendidik anak perempuannya. Bagaimana, apakah anda tertarik dengan cara mendidik ala Rasulullah SAW tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.