5 Kebutuhan Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Dalam masa kehamilan, kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya haruslah terjaga. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi setiap makanan yang dikonsumsi. Kebutuhan nutrisi untuk  ibu hamil tak boleh sembarangan, terutama dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Seorang ibu hamil haruslah memiliki kalori yang cukup setiap harinya. Untuk itu ibu hamil harus mengonsumsi makanan paket lengkap, yaitu empat sehat lima sempurna. Dengan begitu baik ibu hamil maupun janin yang dikandungnya akan lebih kuat.

Kesehatan janin maupun ibunya sama-sama akan terpenuhi jika makanan yang dikonsumsi seimbang. Ibu hamil setidaknya membutuhkan 400 kkal kalori setiap hari. Kalori tersebut berasal dari setiap makanan yang bernutrisi. Jika makanan ibu hamil tak bernutrisi maka kalori yang dibutuhkan tubuh tak akan terpenuhi. Bahayanya bagi ibu hamil akan sangat fatal. Salah satunya adalah perkembangan janin yang tak akan optimal. Ibu hamil pun akan merasakan berbagai dampak seperti mudah lelah, atau bahkan terserang pemyakit. Oleh karena itu setiap makanan haruslah terdapat nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil atau pun janin.

Protein

Selain karbohidrat yang harus dikonsumsi ibu hamil, protein ini tak boleh tertinggal. Banyak sekali manfaat bagi ibu hamil dan janin dari mengonsumsi protein. Bagi ibu hamil, protein adalah sumber kalori yang utama selain karbohidrat. Kemudian bagi janin yang dikandung, protein berfungsi untuk pembentukan sel dan darah. Untuk itu dalam setiap harinya protein ini harus ada di setiap makanan. Apalagi kebutuhan akan protein bagi ibu hamil haruslan minimal 60 gram setiap hari. Anda bisa mendapatkan protein di dalam telur, ikan, tahu, tempe dan juga kacang-kacangan.

Kalsium

Selama masa kehamilan, ibu hamil maupun janin akan sangat membutuhkan kandungan kalsium tiap harinya. Kalsium akan dibutuhkan janin untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kemudian bagi ibu hamil, kalsium dibutuhkan agar osteoporosis tak menyerang. Hal ini dikarenakan kebutuhan janin akan kalsium sangat besar. Sehingga jika konsumsi kalsium tak terpenuhi dengan baik, janin akan mengambil kalsium dari ibunya. Untuk itu kalsium berperan besar bagi ibu hamil dan janin. Seperti yang kita ketahui, kalsium didapat dari susu. Maka ibu hamil wajib mengonsumsi susu selama kehamilan. Seperti susu Friso yang sangat baik selama masa kehamilan untuk dikonsumsi, karena mengandung nutrisi untuk ibu hamil.

Zat Besi

Masa kehamilan dinilai sebagai hal yang cukup berat bagi ibu hamil. Banyak hal yang tidak pernah  terjadi sebelumnya, akan terjadi di masa kehamilan. Misalnya sering mengalami mual atau gatal-gatal pada tubuh. Selain itu juga ibu hamil akan mudah mengalami kelelahan. Apalagi jika konsumsi zat besinya tak terpeuhi, ibu hamil bisa saja pingsan. Hal ini karena kebutuhan ibu hamil akan sel darah merah berkurang dan menyebabkan anemia. Untuk itu zat besi sangat penting bagi ibu hamil. Bagi janin pun akan bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Zat besi bisa didapat dari hati dan daging.

Asam Folat

Nutrisi selanjutnya yang tak boleh tertinggal bagi ibu hamil adalah asam folat. Asam folat akan sangat berperan bagi perkembangan janin. Terutama perkembangan sel dan sistem syaraf otak janin. Jika janin tidak terpenuhi kebutuhan akan asam folat, maka ketika lahir bayi akan mengalami beberapa gangguan. Salah satu gangguan yang fatal adalam bayi akan lahir tanpa batok kepala. Bibir sumbing pun akan dialami bayi, jika kebutuhan akan asam folat tidak terpenuhi selama masa kehamilan. Oleh karena itu kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil yang satu ini haruslah ada dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Makanan yang mengandung asam folat diantaranya sayuran hijau, buah-buahan dan beras merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *