5 Hal Yang Harus Bunda Pertimbangkan Sebelum Memilih Tempat Bermain Anak

Anak memiliki dunia yang berbeda dari orang tua. Dunia anak adalah dunia bermain. Anak-anak tidak pernah memikirkan bagaimana efek ketika mereka bermain, keamanan juga sering kali mereka abaikan. Satu-satunya yang bisa mengarahkan anak adalah kita sebagai orang tua. Tentu saja kita sebagai orang tua harus memilih tempat bermain anak yang baik agar tidak hanya menjamin keamanan mereka selama bermain, tetapi juga menjamin bahwa permainan yang mereka lakukan itu bermanfaat.

Lantas jenis permainan apa yang akan kita pilih? Sejauh ini ada banyak jenis permainan. ada yang membedakan berdasarkan jenis permainan modern dan permainan tradisional dan ada pula yang membedakan jenis permainan dalam ruangan dan di luar ruangan. masih juga ada yang membedakan jenis bermain sendiri atau bermain bersama. Lantas bunda mau pilih yang mana?

Memilih Tempat Bermain Anak

Apapun jenis permainan yang bunda pilih, masing-masing jenis permainan memiliki kelebihan dan kekurangan, tentu bunda bakal memilih permainan yang banyak kelebihanya dan mencoba mengurangi kekurangannya. Untuk itu bunda harus bisa memilih tempat bermain anak yang tepat. Ada beberapa indikator yang bisa bunda terapkan untuk memilih jenis permainan yang tepat untuk anak. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Kebersihan

Pertama yang musti bunda jadikan indikator adalah tingkat kebersihan tempat bermain anak. Bagaimanapun anak memiliki tingkat pertahanan diri yang lebih rentan ketimbang orang dewasa. Anak sangat mudah terserang berbagai jenis penyakit ringan, mulai dari flu, demam, batuk, pilek dan lain sebagainya. masalah ini sangat erat kaitanya dengan kebersihan tempat bermain, untuk itu bunda harus bisa dengan bijak menentukan tempat bermain anak. Tak masalah bila harus melarang anak bermain di luar ruangan kalau itu untuk menjamin kesehatan anak.

  1. Lokasi

Memilih tempat bermain anak berdasarkan lokasi itu bukan hanya sekadar jauh dekat dari rumah. tetapi lebih berkaitan dengan keamanan lokasi bermain anak. Misalnya apakah lokasi berada dekat dengan jalan raya atau tidak. Sebaiknya hindari lokasi bermain anak yang dekat dengan jalan raya. Bagaimanapun lokasi yang demikian tidak baik untuk keamanan anak. Lebih baik pilih juga lokasi bermain anak yang berada di lantai dasar, itu jika bermainnya di dalam gedung.

  1. Standar Keamanan

Mengajak anak bermain di berbagai lokasi wisata edukasi memang sangat menyenangkan. Apalagi kini memang ada banyak sekali lokasi wisata edukasi di tiap-tiap daerah, tentu ini memang sangat bermanfaat bagi anak. Tetapi apakah kita harus mengabaikan hal lain yang lebih penting ketimbang berwisata? Tentu saja tidak. Salah satu hal openting ketika mengajak anak berwisata adalah standar keamanan lokasi tempat bermain anak.

  1. Jenis Permainan

Ada banyak jenis permainan yang bisa digunakan untuk anak-anak. Mulai dari permaiann tradisional hingga permaina  modern. Lantas bagaimana memilihnya. Salah satu cara paling mudah adalah menyesuaikan jenis permainan tersebut dengan tingkat usia anak. Jika anak baru menginjak dua tahun, pilihlah permainan yang memang didesain untuk anak usia 2 tahun. Jangan biarkan anak memainkan permainan yang belum saatnya. Itu bisa saja sangat berbahaya bagi anak.

  1. Bahan Permainan

Anak-anak sangat rentan memasukkan apa saja yang mereka sentuh. Bila ukuranya kecil, bisa saja anak memasukkan yang mereka pegang ke mulut. Tentu ini bisa sangat berbahaya. Untuk itu, pilihlah ukuran serta bahan bermain anak yang aman.

Nah itulah beberapa hal yang bisa bunda jadikan indikator untuk memilih tempat bermain anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.