4 Hal Penting Ketika Merawat Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir merupakan sebuah anugerah terindah bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Bayi yang baru lahir harus dirawat dengan baik dan diperlukan perhatian yang sangat khusus ketika merawatnya. Para orang tua diharapkan mampu menjaga buah hatinya dengan baik. Bila bayi dirawat dengan benar, sang bayi akan tumbuh dengan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait cara merawat bayi baru lahir :

  • Menjaga kebersihan bayi

Sebelum memegang atau menggendong bayi, jagalah kebersihan tangan dari berbagai kotoran dan kuman-kuman yang menempel. Karena kuman pada tangan dapat berpindah ke bayi sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit.

  • Memandikan bayi

Ketika memandikan bayi yang baru lahir, dianjurkan untuk memakai spon khusus untuk memandikannya. Gunakan shampoo khusus yang sesuai dengan kondisi kulit bayi. Mandikan bayi di dalam sebuah bak kecil, selesai mandi keringkanlah menggunakan handuk yang lembut.

  • Ganti popok sesering mungkin

Dalam sehari, popok bayi bisa diganti hingga 10 kali tergantung banyaknya asupan yang diterima bayi. Bayi yang diberi minum susu formula akan cenderung memiliki frekuensi buang air yang lebih tinggi dibandingkan yang diberi ASI. Persiapkanlah banyak popok sebagai persediaan untuk penggantian popok sang bayi.

  • Berikan susu sebagai makanan utama bayi

Bayi yang baru lahir umumnya harus diberi susu 8 hingga 15 kali dalam satu hari. Dikarenakan bayi yang baru lahir belum bisa menerima asupan makanan lain selain susu. Berikanlah ASI, dan jangan terlalu sering memberinya susu formula. Lakukan proses menyusui sesering mungkin tanpa perlu menunggu menangis atau berteriak terlebih dahulu. Mungkin awalnya sulit untuk menyusui bayi karena belum terbiasa, namun lambat laun seiring berjalannya waktu hal ini akan mudah dilakukan.

Kehadiran seorang anak merupakan kebahagiaan terbesar yang dimiliki oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Karena itu, rawatlah bayi yang baru lahir sebaik mungkin agar sang bayi dapat tumbuh dengan sehat, kuat, dan pintar karena selalu diberi asupan bergizi.

Oleh karena itu, tentu harus kita selalu menjaga sang buah hati agar bisa menjadi anak yang sesuai dengan harapan kita. Pasalnya, anak adalah titipan tuhan yang harus kita rawat sebaik mungkin agar sukses dunia akhirat. Terlebih jika anak Anda suatu saat akan menjadi seorang pemimpin yang akan memajukan bangsa, negara, dan agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *