3 Persiapan Untuk Melahirkan Sang Buah Hati

Persiapan untuk melahirkan seperti mental dan fisik merupakan salah satu hal krusial namun dilupakan oleh sebagain besar ibu hamil. Pasalnya dengan mempersiapkan badan serta jiwa, tentu akan membantu kelancaran proses persalinan.

Pada artikel mempersiapkan diri menjelang kelahiran kali ini kami membagi pembahasan menjadi tiga sub-bab yang meliputi latihan fisik menjelang persalinan, latihan mental bagi anda dan keluarga anda, serta persiapan kebutuhan bayi yang perlu anda sediakan sebelum berangkat ke rumah bersalin atau ke bidan terdekat.

Sebelum memulai mempelajari tips ini, anda harus memperhatikan bahwa tips kami adalah tips berdasarkan kajian pustaka saja, anda harus mengkonsultasikannya pada dokter kandungan keluarga anda sebelum mempraktekkan tips persiapan untuk melahirkan ini, terutama berbagai cara yang memiliki peranan untuk meningkatkan daya tahan tubuh!

Mempersiapkan Mental dan Menjernihkan Pikiran Sebelum Kelahiran Buah Hati Anda

Waktu persalinan merupakan waktu yang paling ditunggu oleh seorang ibu yang telah mengandung selama 9 bulan. Waktu ini merupakan waktu yang paling menegangkan bagi seorang ibu karena selain faktor psikologis, faktor fisiologis selama pra-persalinan seperti fluktuasi hormone seringkali membuat stress para calon ibu.

Melatih Fokus dan Mengalirkan Pikiran Positif dengan Yoga

Untuk menghindari depresi sebelum dan setelah melahirkan, sebaiknya seorang ibu hamil pada trimester terakhir harusnya mempersiapkan mental dengan baik agar mood dapat terjaga dan mental mereka kuat.

Latihan untuk memperkuat mental selama trimester kedua atau terakhir kehamilan adalah yoga. Anda dapat mendatangi tempat pelatihan yoga terdekat untuk mendapatkan panduan yoga dengan maksimal dan aman bagi kandungan anda.

Yoga dapat membantu anda untuk focus dan mampu melatih anda berpikir positif hingga anda dapat terhindar dari depresi. Selain itu, yoga juga bermanfaat melatih otot-otot pada tubuh anda hingga dapat membantu anda melahirkan normal tanpa rasa sakit yang kentara.

Mengikuti Perkumpulan Ibu Hamil

Anda dapat mencari dukungan psikis dari teman-teman sejawat yang sama-sama sedang mengandung. Pengalaman dan berbagi kegiatan positif lainnya dapat memperkaya pengetahuan anda tentang mempersiaplan berbagai hal termasuk persiapan perlengkapan melahirkan, persiapan parenting untuk membesarkan buah hati anda serta dukungan moral.

Mengonsumsi Makanan Antidepresan Alami

Sebagian situs kesehatan Amerika serikat menyarankan ibu hamil mengonsumsi obat antidepresi, khusus untuk ibu hamil yang didiagnosis mengalami depresi kehamilan. Untuk anda, tidak perlu melakukan hal tersebut, karena dengan mengonsumsi makanan yang mengandung anti depresan alami sudah cukup untuk membantu sokongan fisiologis tubuh terhadap tekanan psikologis kehamilan.

Berikut beberapa list makanan yang mengandung senyawa anti depresan alami untuk mempersiapkan mental selama trimester terakhir kehamilan.

  • Kuaci non-garam dan susu segar yang mengandung banyak asam amino triptofan, asam amino tersebut dikenal sebagai antidepresan alami karena merupakan ‘batu bata’ molekul morfin alami tubuh, serotonin
  • Bayam yang mengandung banyak zat besi yang baik bagi tiroid, kelenjar penghasil hormone tubuh
  • Ikan dan Makanan laut yang banyak mengandung DHA dan asam lemak esensial omega-3. Kedua senyawa ini juga baik untuk perkembangan janin yang anda kandung. Jangan lupa, konsultasikan pada dokter, terutama jika anda memiliki riwayat alergi pada makanan laut.

Mempersiapkan Fisik Untuk Melahirkan Tanpa Rasa Sakit yang Menyiksa

Rasa sakit saat melahirkan atau pain labor adalah rasa sakit yang diakibatkan oleh kontraksi otot-otot bagian perut dan pelvis untuk mendorong bayi anda dari Rahim keluar melalui panggul, mulut Rahim dan akhirnya saluran reproduksi terluar wanita.

Latihan Pernafasan Ritmik

Ada alasan yang kuat mengapa seorang dokter, bidan atau perawat yang membantu anda bersalin akan menginstruksikan anda menarik nafas. Bernafas, selain untuk menyuplai oksigen yang anda butuhkan untuk menghasilkan energy, ritme nafas yang teratur pada bagian diafragma, akan membantu anda mengatur ritme kontraksi hingga rasa sakit akan berkurang.

Jika anda telah mengikuti senam atau yoga untuk ibu hamil, anda sudah sekaligus melatih ritme nafas anda. Jika tidak, anda dapat melakukan sendiri dengan menarik dan menahan nafas berselang-seling selama beberapa saat, terutama saat pagi, karena udara masih segar dan minim polutan berbahaya.

Jalan-jalan Pagi dan Senam Ringan

Anda dapat melatih fisik anda dengan jalan-jalan pagi dan senam ringan, terutama jika anda telah memasuki trimester terakhir. Untuk senam ringan, kami menyarankan anda mendatangi instruktur senam ibu hamil demi efektifitas latihan tersebut serta keselamatan janin anda.

Mempersiapkan Peralatan yang Harus Dibawa Saat Persalinan

Persiapan untuk melahirkan terakhir adalah mempersiapkan peralatan yang harus dibawa saat persalinan. Pastikan item-item ini anda bawa agar memudahkan proses pra dan pasca persakinan.

Peralatan yang harus anda siapkan adalah tas untuk membawa baju kotor dan baju bersih, baju yang nyaman untuk anda, baju dan peralatan bayi dari Johnson Baby, alat mandi standar seperti sabun, shampoo, sisir dan hantuk, serta dokumen penting seperti KTP, untuk memudahkan proses administrasi.

 

Mempersiapkan kelahiran bagi ibu hamil meliputi persiapan mental, fisik dan akomodasi. Ketiganya akan membantu anda menjalani hari indah tersebut dengan baik dan meminimalisir halangan yang tidak diinginkan. Demikian tips mempersiapkan kelahiran bagi anda yang telah menunggu hari pertama buah hati anda menyapa dunia. Semoga bermanfaat bagi anda atau keluarga anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *