3 Hal Yang Harus Jadi Perhatian Utama Ketika Hamil

Hamil anak pertama merupakan momen yang sangat menyenangkan dan berkesan. Pertama, ada banyak hal baru yang akan Anda alami dan tentu tidak bisa dilupakan seumur hidup. Ke dua, akan ada banyak kejadian yang membingungkan dan membuat Anda harus lebih banyak belajar. Tak jarang seorang ibu yang hamil untuk pertama kalinya akan merasa clueless dan tak tahu harus melakukan apa. Tenang saja, Anda tak sendirian kok. Sebab wajar sekali jika ibu yang hamil anak pertama merasa bingung dengan apa yang harus dilakukan.

Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa Anda jadikan panduan dan harus jadi perhatian utama saat hamil:

Rutin konsultasi ke obgyn

Saat ini informasi mengenai ciri ciri hamil, perkembangan janin, dan segala sesuatu mengenai ibu dan bayi memang bisa diketahui dengan mudah lewat internet. Tapi bukan berarti Anda bisa menerka-nerka perkembangan selama hamil, ya. Anda tetap harus berkonsultasi dengan obgyn secara rutin, minimal satu bulan sekali di trimester satu dan dua, sedangkan 2 minggu sekali di trimester ke tiga. Dengan berkonsultasi ke obgyn, Anda akan mendapatkan banyak informasi terkait kehamilan dengan lebih detail dan tentu saja sesuai dengan kondisi pribadi. Biasanya ada juga vitamin yang diberikan oleh obgyn untuk memaksimalkan kondisi janin.

Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan Perlu Mama Ketahui

Perhatikan aktivitas harian

Kondisi tubuh saat hamil dan tidak hamil tentu berbeda. Jangan memaksakan diri untuk beraktivitas seperti sebelum hamil, sebab kini ada janin yang juga bergantung pada Anda. Meski fisik dalam kondisi bugar, belum tentu lho janin juga merasakan hal yang sama. Sebab janin bisa juga merasa stres dan akan mengalami gangguan perkembangan. Sebaiknya Anda membatasi aktivitas harian dan perbanyak istirahat serta melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Mempersiapkan mental

Menjadi ibu bukanlah hal mudah. Tapi sebelum berada pada fase itu, terlebih dahulu Anda akan melewati masa persalinan. Banyak sekali wanita yang merasa stres dan takut menghadapi persalinan. Maka dari itu, Anda sebaiknya membekali diri dengan berbagai informasi mengenai persalinan dan usahakan untuk mempersiapkan mental juga. Sadari pula bahwa persalinan normal maupun melalui operasi bukanlah masalah utama, sebab keselamatan bayi adalah yang terpenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.