3 Dampak Negatif Jika Orangtua Terlalu Memanjakan Anaknya

Setiap orangtua tentunya menginginkan jika anaknya itu selalu tersenyum dan bahagia. Tentu saja hal ini terjadi sebagai bentuk rasa sayang dan cinta orangtua untuk anaknya.  Rasa bahagia seorang anak itu selalu diidentikan dengan jika keinginan si anak itu dipenuhi oleh orangtuanya. Selain itu juga seorang anak akan merasa bahagia dan dapat tersenyum ketika orangtuanya itu tidak marah meski berbuat salah. Terkadang rasa sayang dan cinta orangtua ini berlebihan sehingga membuat anak merasa manja. Tidak sedikit juga orangtua yang sering memanjangkan anaknya misalnya saja dengan menuruti segala keinginannya dan selalu membelikan apa yang diinginkan anaknya itu. Ada 3 dampak negatif jika orangtua terlalu memanjakan anaknya diantaranya yaitu :

  1. Anak Menjadi Tidak Mandiri

Ketika orangtua terlalu memanjakan anaknya maka anak akan cenderung tidak bisa mandiri. Misalnya saja si orangtua selalu menuruti keinginan anaknya itu contohnya ketika si anak minta makan atau minum dan menyuruh ibu mengambilkannya dan ibu mengambikannya. Suatu saat ketika ibu sakit dan si anak ingin makan dan minum dan minta diambilkan oleh ibunya itu.

  1. Anak Itu Menjadi Suka Melawan

Ketika seorang anak terlalu dimanjakan oleh orangtuanya maka biasanya seorang anak itu tidak takut untuk melawan orangtuanya. Ketika si anak berbuat salah maka si anak tidak takut untuk melawan orangtuanya jika marah karena si anak yakin jika orangtuanya itu akan marah sebentar saja.

  1. Anak Tidak Akan Peka Dengan Kondisi Orangtuanya

Ketika setiap keinginan anak selalu dibelikan orangtuanya maka ketika si anak menginginkan dibelikan suatu barang, dan orangtunya belum punya uang biasanya si anak tidak akan peka dengan kondisi orangtuanya itu. Hal ini terjadi karena si anak sudah terbiasa dipenuhi segala keinginannya oleh orangtuanya itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.