Memanfaatkan Bahan Dapur Sebagai Alat Pembersih dan Pewangi

Bahan-bahan untuk memasak, pastinya digunakan untuk kegiatan memasak. Itu sih sudah sewajarnya. Tetapi, jangan anggap remeh khasiat lain bahan-bahan dapur itu karena mereka bisa menjadi jawaban atas persoalan kebersihan dan bebauan tak sedap di rumah.

Di dalam rumah, seperti area dapur, ruang makan, dan kamar mandi, masalah yang paling sering dihadapi adalah kotoran dan bebauan tak sedap. Berbagai sabun yang dijual di supermarket sudah digunakan. Efeknya, kulit tangan menjadi kering dan panas. Di saat bingung dan putus asa, Anda bisa mencoba alternatif lain yaitu memanfaatkan bahan-bahan di dapur. Bisa memanfaatkan garam, cuka, soda kue (baking soda), dan lemon.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Noda Membandel

Garam

Kalau sayuran tidak nikmat tanpa garam, maka acara bersih-bersih pun tidak efektif kalau tanpa garam. Garam ini ternyata bisa digunakan untuk membersihkan kotoran berkerak di tempat cuci piring, wajan, maupun loyang.

Untuk membersihkah tempat cuci piring, tuangkan setengah gelas garam. Serbuk kasar yang menyerupai pasir bisa mengangkat kotoran berkerak. Setelah didiamkan beberapa saat, siram dengan air hangat sampai mengarah masuk ke lubang air.

Untuk wajan, cukup gunakan satu sendok teh garam yang disebar di permukaan wajan dan kemudian sapukan dengan spons basah. Sementara untuk loyang, sebarkan garam saat loyang masih panas. Lalu gosokkan menggunakan kain lap basah.

Info Resep : Kumpulan Resep Masakan Dari Ayam

Soda kue

Sama seperti cuka, soda kue alis baking soda juga ampuh untuk membersihkan bercak yang sulit hilang di gelas bekas kopi dan teh. Ke dalam gelas itu, masukkan soda kue dan air dengan perbandingan 1:2, diamkan semalam, dan baru cuci bersih.

Ada lagi manfaat lain baking soda, yaitu membersihkan mesin cuci sekaligus pakaian kotornya. Laugsung dapat dua manfaat nih. Tambahkan setengah gelas soda kue ke dalam deterjen. Lalu, biarkan mesin cud bekerja seperti biasa. Hasilnya, bercak di mesin cuci hilang, pakaian yang dicuci pun bertambah kinclong.

Lemon

Manfaat jeruk lemon adalah yang paling kita kenal. Umumnya, lemon menjadi pewangi untuk tangan yang terkena bau bawang atau daging. Atau, trik yang sudah sering dipakai para ibu rumah tangga seperti mencampurkan perasan lemon ke cairan pencuci piring.

Ternyata, lemon ini juga bisa menghilangkan noda cairan yang membandel. Tinggal usapkan po-tongan lemon ke bagian yang kotor seperti di pintu atau tempat cuci piring. Untuk mengilapkan, bisa juga memercikkan perasan lemon.

Terpopuler : Tips Membeli Rumah

Cuka

Semen-semen yang merekatkan keramik di kamar mandi akan kotor dalam jangka waktu tertentu. Kalau sudah begitu, siapkan cuka dan sikat gigi bekas. Celupkan sikat gigi ke cuka, sikatkan ke bagian semen di dinding kamar mandi, sapukan dengan lap, dan ulang beberapa kali.

Selain itu, cuka juga ampuh untuk menyerap bebauan tak sedap di dapur. Caranya, tempatkan cuka di sebuah mangkuk kecil dan masukkan ke microwave. Setelah mendidih, tempatkan mangkuk berisi cuka itu di salah satu sudut di dapur. Atau, bisa juga cuka itu dimasak sebentar di wajan.

Nah, untuk penyuka kopi dan teh, pasti ada beberapa gelasnya yang memiliki bercak yang sulit dibersihkan. Cuka bisa membantu. Isi cuka ke dalam gelas atau teko, rebus cukanya, diamkan semalam, dan kemudian cuci bersih.

Bahan-bahannya mudah didapat, pengerjaannya pun mudah, kan? Belum lagi ada nilai plus bahwa bahan-bahan dapur ini lebih ramah lingkungan dan pastinya tidak membuat tangan menjadi kering atau panas seperti halnya sabun. Oke, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *