Bahan-bahan Alami Ini Cocok untuk Facial di Rumah

Treatment facial sering kali dilakukan kaum hawa agar kulit wajah cerah dan halus. Tak hanya dengan bahan-bahan kimia, belakangan juga mulai banyak menggunakan bahan-bahan alami. Pengerjaannya juga tak harus selalu di salon maupun klinik kecantikan, tetapi facial berbahan alami seperti lemon, madu, lidah buaya, mentimun, jeruk nipis, bengkuang, alpukat, pisang, kopi, gula dan air garam bisa dilakukan sendiri di rumah.

Dibandingkan dengan treatment-treatment wajah lainnya, bisa dibilang treatment facial merupakan treatment yang paling sering dilakukan wanita. Facial merupakan salah satu usaha yang biasa dilakukan oleh seseorang untuk menjaga dan merawat kondisi kulit supaya tercapai seperti yang diinginkan.

Manfaat dasar dari facial adalah membersihkan, merelaksasikan, melancarkan sirkulasi darah, serta menutrisi daerah bagian wajah. Dari keempat manfaat dasar facial tersebut, maka akan muncul manfaat-manfaat turunan dari facial yaitu mencegah penuaan dini, meremajakan kulit, mencerahkan kulit, melembabkan kulit dan lain sebagainya.

Ada beberapa jenis facial. Umumnya facial dikelompokkan berdasarkan fungsinya, misalnya facial untuk kulit berminyak dan berjerawat, facial untuk antiaging dan lain sebagainya. Untuk melakukan facial, tidak harus dilakukan di salon ataupun klinik kecantikan. Anda bisa melakukan facial sendiri di rumah. Namun, kebanyakan orang tidak mau repot melakukan facial secara mandiri di rumah, kebanyakan orang memilih pergi ke salon ataupun klinik yang menyediakan jasa facial.

Baca Juga :

Namun, ketika melakukan treatment facial sendiri di rumah sebelumnya seseorang harus mengetahui terlebih dulu jenis kulit dan bahan-bahan yang cocok diaplikasikan dalam proses facial. Pasalnya, beda jenis kulit maka beda pula bahan dan perawatan yang digunakan.

Bahan-bahan yang digunakan dalam proses facial adalah antioksidan, vitamin A, B, C dan E yang dapat mencerahkan kulit serta nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan sel-sel kulit supaya kulit tetap segar dan kenyal. Bahan-bahan alami yang dapat digunakan adalah jeruk nipis, bengkuang, alpukat, pisang, kopi, gula, lemon, madu, lidah buaya dan mentimun.

Facial berbahan alami mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah mudah  diperoleh, mudah diolah dan murah harganya. Sementara kekurangannya adalah karena masih merupakan bahan alami, maka kadang-kadang masih mengandung getah yang dapat menimbulkan alergi atau iritasi pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *