Cara Jitu Mengatasi Wastafel Mampet

Kendati terasa sepele, tetapi wastafel merupakan komponen rumah yang cukup dibutuhkan. Ada dua macam wastafel yaitu yang biasa terdapat di kamar mandi atau di dekat kamar mandi dan di dapur. Wastafel yang berada di wilayah kamar mandi biasanya digunakan untuk mencuci tangan, mencuci muka dan sikat gigi. Sementara wastafel di dapur biasa juga disebut sebagai sink berfungsi untuk mencuci piring.

Bila wastafel mampet, penyebabnya tentu berbeda. Pada wastafel yang di dekat kamar mandi, biasanya kemampetan disebabkan oleh rambut yang nyangkut atau sisa pasta gigi maupun muntahan saat sikat gigi. Sementara kemampetan wastafel di dapur biasanya disebabkan oleh menumpuknya sisa-sisa makanan.

Walau penyebabnya berbeda, cara mengatasi wastafel mampet untuk masalah yang timbul tersebut kurang lebih sama. Beberapa langkah berikut ini dapat dicoba untuk menangani sendiri masalah pada wastafel tersebut.

Air Mendidih

Jangan gunakan cara ini jika pipa yang digunakan adalah PVC atau plastik, cara ini hanya berlaku untuk pila yang terbuat dari logam. Sebab air panas mendidih dapat merusak pipa PVC.

  1. Masak air hingga mendidih sebanyak satu panci, kemudian siram ke saluran wastafel secara perlahan
  2. Ulangi hinga penyebab kemampetan larut. Cara ini cukup manjur untuk sumbatan yang tak terlalu parah, misalnya karena endapan sabun, rambut atau tumpukan lemak padat.

Plunger

Berbeda dengan plunger untuk WC, pada wastafel gunakan plunger berukuran kecil yang besar permukaan kopnya sama atau hanya sedikit lebih besar dari lubang saluran pembuangan di wastafel.

  1. Olesi kop plunger dengan gel  agar kekedapannya lebih mantap
  2. Tuang air ke dalam wastafel hingga setinggi kop plunger
  3. Telungkupkan kop plunger pada lubang pembuangan pada wastafel
  4. Pompa plunger tersebut dengan cepat dengan gerakan menekan dan menarik berulang-ulang. Kemudian angkat dengan kuat plunger tersebut hingga terlepas. Seharusnya air akan menyembur keluar dari saluran pembuangan tersebut. Baca juga: Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet
  5. Ulangi langkah memompa tersebut beberapa kali hingga saluran wastafel tidak mampet lagi

Produk Kimia

Bila ternyata kemampetan disebabkan oleh benda membandel yang tak dapat larut dengan air panas dan tak bisa ditarik dengan plunger, maka gunakan produk kimia komersial yang memang dibuat untuk mengatasi saluran mampet. Baca panduan penggunaan sebelumnya, dan jangan lupa menggunakan masker penutup hidung dan mulut serta sarung tangan karet.

Kabel Auger

Buka lemari di bagian bawah wastafel kemudian di bawah pipa wastafel letakkan ember untuk menampung air. Lepaskan pipa trap yang menghubungkan pipa vertikal dengan pipa horisontal, bentuk pipa ini melengkung. Jika pipa PVC tak dapat dilepas dengan tangan, maka longgarkan terlebih dahulu dengan kunci Inggris.

Buang air dalam pipa trap ke dalam ember, lalu periksa apakah ada benda yang membuat mampet. Bersihkan pipa tersebut agar yakin saluran lancar. Setelah itu pasang pipa dan alirkan air untuk mengujinya.

Jika wastafel masih mampet, gunakan kabel auger atau kabel baja elastis. Lepas pipa horisontal penghubung pipa kecil yang menempel di tembok dengan pipa trap. Masukkan uung kabel baja tersebut ke dalam pipa kecil dan dorong sedalam mungkin. Tarik kabel auger tersebut dari dalam pipa kecil sekitar 46 cm, putar sekrup sampai mengunci, lalu putar pegangan kabel searah jarum jam. Secara bersamaan dorong kabel agar masuk ke dalam pipa semakin dalam. Jika kabel membentur sesuatu, putar pegangan ke arah berlawanan jarum jam, sambil ditarik. Apabila kabel masih membentur sesuatu, terus tarik dengan cara memutar ke arah berlawanan jarum jam sehingga benda yang mengganjal tersebut ikut terbawa.

Setelah selesai, keluarkan kabel baja tersebut dari pipa keci dan pasang seluruh pipa. Kemudian  kucurkan air. Bila air masih belum lancar, gunakan plunger untuk membuang sisa benda penyumbat.

Demikianlah beberapa cara mengatasi wastafel mampet, semoga dapat membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *